Analisis Struktur, Perilaku Dan Penampilan Pasar Kentang Di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Main Author: | MELISADINDAANGGRAENI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131686/1/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL.pdf http://repository.ub.ac.id/131686/2/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/131686/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari struktur pasar yang terbentuk terhadap tingkah laku produsen serta penampilan pasar kentang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur, perilaku dan penampilan pasar kentang di lokasi penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu untuk menentukan struktur pasar dengan kriteria derajat konsentrasi pasar menggunakan analisis pangsa pasar ( Market Share ), Indeks Hirschman Herfindahl, Indeks Rosenbluth, Koefisien Gini serta kriteria diferensiasi produk, hambatan keluar masuk pasar dan tingkat pengetahuan pasar. Analisis perilaku pasar dilakukan menggunakan dimensi penentuan harga, kelembagaan, fungsi pemasaran dan kolusi dan taktik. Analisis penampilan pasar dengan kriteria marjin pemasaran, Share harga, R/C ratio dan analisis MEI ( Marketiing Efficiency Index ). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar yang terbentuk cenderung mengarah pada pasar oligopoli dan monopolistik. Penentuan harga kentang didominasi oleh tengkulak dan saluran pemasaran yang digunakan sebanyak empat saluran dan relatif panjang. Marjin pemasaran kentang yang tinggi mengakibatkan bagian marjin yang diterima petani tinggi. Usaha yang dijalankan oleh lembaga pemasaran dengan perhitungan R/C ratio >1 sehingga usaha dikatakan layak dan menguntungkan. Pemasaran kentang di Desa Sumberbrantas belum efisien.