Analisis Peramalan dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Volume Penjualan Kecap cap Kangkung di CV. Sukses Gemilang Kabupaten Tuban, Jawa Timur
Main Author: | Lutfiah, Ajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131480/1/print_dokumentasi.pdf http://repository.ub.ac.id/131480/2/AJENG_LUTFIAH_125040101111188.pdf http://repository.ub.ac.id/131480/2/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL.pdf http://repository.ub.ac.id/131480/ |
Daftar Isi:
- Sektor Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat berperan penting dalam peningkatan pembangunan ekonomi di Indonesia. Salah satu komoditas pangan di Indonesia yang memiliki peluang besar dalam bisnis adalah komoditas kedelai. Pemanfaatan kedelai dengan memberikan nilai tambah pada kedelai menjadi peluang besar yang dapat dikembangkan melalui agroindustri. Di Indonesia salah satu produk agroindustri dengan bahan baku utama kedelai yang terus berkembang adalah produk kecap. Perusahaan CV. Sukses Gemilang merupakan salah satu agroindustri yang memproduksi kecap dengan merek Cap Kangkung. Perusahaan ini dirintis sejak tahun 1945 dan menjadi perusahaan kecap tertua yang berada di kota Tuban. Kegiatan pemasaran pada CV. Sukses Gemilang selalu mengalami perkembangan dengan baik, namun masih terdapat kendala yang menghambat pertumbuhan perusahaan yakni banyaknya pesaing industri kecap di dalam maupun di luar daerah kota Tuban, sehingga menyebabkan jumlah penjualan berfluktuatif. Ketidakseimbangan jumlah produksi dengan volume penjualan yang terjadi pada setiap perusahaan, khususnya CV. Sukses Gemilang menjadikan suatu permasalahan yang dapat berdampak pada kerugian. Berdasarkan uraian di atas maka CV. Sukses Gemilang perlu mengetahui peramalan penjualan kecap cap Kangkung di masa yang akan datang agar tidak mengalami kekurangan maupun kelebihan dalam menyediakan kebutuhan pasar yang berdampak pada kerugian pada perusahaan. Perusahaan juga penting untuk melakukan analisis faktor-faktor yang berpengaruh pada tingkat penjualan agar perusahaan dapat melakukan evaluasi pada strategi pemasaran kecap cap Kangkung sehingga perusahaan dapat terus bertahan dan berkembang. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: 1) Meramalkan volume permintaan produk kecap cap Kangkung di CV. Sukses Gemilang pada periode 2016-2017. 2) Menganalisis variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan kecap cap Kangkung di CV. Sukses Gemilang. Metode analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk memberikan informasi tambahan dan menunjang dalam penelitian serta digunakan untuk memperjelas hasil analisis kuantitatif kedalam uraian. Dalam penelitian ini menggunakan dua metode analisis, yaitu metode time series dengan menggunakan ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) untuk meramalkan penjualan kecap cap kangkung di periode 2016-2017 dan metode kausal dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui variabel yang berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan di CV. Sukses Gemilang ii Hasil penelitian penjualan produk kecap cap kangkung di CV. Sukses Gemilang pada periode 2016-2017 memiliki pola siklik yang mengandung unsur trend dan volume penjualan akan terus meningkat. Peramalan penjualan produk kecap cap kangkung di CV. Sukses Gemilang untuk 2 periode (2016-2017) model yang paling akurat adalah ARIMA(1,1,1) dengan nilai MSE sebesar 7 175.652.682. Hasil peramalan yang didapat menunjukkan bahwa pada periode 2016 penjualan kecap meningkat sebesar 3,2% (819.923 botol) dibandingkan tahun 2015 (767.700 botol) dan 10 % (937.517 botol) pada tahun 2017 di bandingkan dengan penjualan pada tahun 2015 (767.700 botol) hal ini menunjukkan bahwa perusahaan CV. Sukses Gemilang memiliki siklus produk di posisi growth karena penjualan diprediksi semakin meningkat, dan pada penjualan tertinggi mencapai 94.021 botol diprediksi penjualan pada bulan September tahun 2016, sedangkan pada tahun 2017 penjualan tertinggi juga pada bulan September dengan jumlah 102.102 botol. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan kecap cap kangkung di CV. Sukses Gemilang adalah jumlah produksi, biaya distribusi, dan biaya promosi sedangkan harga jual tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan kecap di CV. Sukses Gemilang. Saran yang diberikan Sebaiknya perusahaan CV. Sukses Gemilang melakukan manajemen persediaan bahan baku dengan baik khususnya pada bulan juli atau menjelang pada hari libur nasional seperti hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. Manajemen persediaan bahan baku yang dilakukan perusahaan yakni dengan selalu mengecek kuantitas dan kualitas bahan baku pada gudang penyimpanan, selain itu perusahaan juga disarankan pada saat menjelang hari libur nasional untuk lebih meningkatan pemesanan botol dan peti. Saran lain yang diberikan kepada perusahaan adalah pada penentuan jumlah produksi disetiap bulan juga sebaiknya tidak hanya ditentukan berdasarkan penjualan bulan sebelumnya saja, namun dengan mempertimbangkan sisa pada bulan-bulan sebelumnya agar perusahaan tidak mengalami banyak kelebihan produk yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Selain itu, perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan strategi pemasaran perusahaan seperti jumlah produksi, biaya distribusi, dan khususnya kegiatan promosi dengan memberikan diskon atau hadiah-hadiah menarik kepada agen-agen penjualan maupun konsumen akhir. Kegiatan promosi juga sebaiknya dilakukan dengan menjadi sponsor pada event seperti grebek pasar karena ketiga faktor tersebut memberikan pengaruh baik terhadap peningkatan volume penjualan kecap cap kangkung di CV. Sukses Gemilang.