Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Donasi (Kampanye Melawan Dunia #NICURangers pada Platform Crowdfunding Kitabisa.com)
Main Author: | Dwiparasayu, Auliarachmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13146/1/Auliarachmah%20Dwiparasayu.pdf http://repository.ub.ac.id/13146/ |
Daftar Isi:
- Elaboration Likelihood Model (ELM) merupakan teori yang menjelaskan bagaimana individu menerima dan mengolah pesan tertentu kemudian memprosesnya hingga menimbulkan perubahan sikap. Penggunaan selebriti sebagai endorser dalam pemasaran dianggap mampu mempengaruhi dan mendapatkan perhatian konsumen mengenai suatu produk atau jasa yang diiklankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari celebrity endorser sebagai sumber pesan kampanye terhadap proses keputusan melakukan donasi secara online. Khususnya difokuskan pada kegiatan berdonasi online pada aksi kampanye Melawan Dunia #NICURangers melalui platform crowdfunding kitabisa.com. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang followers dari kedua akun fanbase instagram endorser. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah aksi kampanye sosial Melawan Dunia #NICURangers yang telah dilakukan oleh kedua endorser, yaitu RAN dan Yura Yunita yang telah diposting dalam akun fanbase instagram mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis baik secara simultan maupun parsial dapat diterima. bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel attractiveness, trustworthiness dan expertise terhadap variabel keputusan donasi kampanye Melawan Dunia #NICURangers pada platform online kitabisa.com. Kredibilitas dan kepercayaan yang dimiliki oleh endorser dapat memperoleh perhatian konsumen yang akhirnya berpengaruh pada pengambilan keputusan akan produk atau jasa. Dan dalam pengujian secara parsial, variabel trustworthiness memberikan pengaruh paling dominan diantara variabel lainnya.