Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Gethuk Pisang “Pemuda Dua” Di Kota Kediri
Main Author: | Rahma, Nadia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131403/ |
Daftar Isi:
- Gethuk pisang merupakan salah satu makanan khas Kota Kediri. Munculnya berbagai merek gethuk pisang menyebabkan adanya persaingan diantara sesama agroindustri gethuk pisang. Salah satu agroindustri yang mempelopori pengolahan gethuk pisang di Kota Kediri adalah Gethuk Pisang “Pemuda Dua”. Lokasi dari agroindustri gethuk pisang “Pemuda Dua” ini di Jl. PK. Bangsa No 11 Kediri. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial dari komponen brand image terhadap loyalitas konsumen produk gethuk pisang “Pemuda Dua” serta untuk mengetahui variabel brand image yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk gethuk pisang “Pemuda Dua”. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2016. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Jenis non probability sampling yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan atau dengan cara memilih sampel secara spontanitas yang dianggap dapat mewakili populasi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 responden. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen dalam penelitian ini berupa uji validitas, uji reeliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji F dan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan adalah program SPSS 16.0. Hasil analisis regresi linear berganda, diketahui bahwa variabel yang signifikan dan berpengaruh secara nyata adalah variabel citra produk dan citra pembuat. Sedangkan variabel yang tidak signifikan dan tidak berpengaruh secara nyata adalah variabel citra pemakai, hal ini dikarenakan nilai signifikannya lebih besar dari 0,05 atau 5%. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen adalah variabel citra produk. Hal ini dapat dilihat dari nilai standardized coefficients yang paling besar dibandingkan dengan variabel independen yang lain. Hal ini berarti, apabila variabel citra produk semakin baik maka dapat meningkatkan loyalitas konsumen produk gethuk pisang “Pemuda Dua”. Saran yang dapat diberikan kepada agroindustri gethuk pisang “Pemuda Dua” adalah sebaiknya lebih memperluas jaringan distribusi gethuk pisang, sehingga konsumen lebih mudah mendapatkan produk gethuk pisang. Selain itu, perlu ditambahkan adanya identitas logo Halal pada kemasan gethuk pisang, sehingga dapat meyakinkan konsumen akan produk gethuk pisang olahannya.