Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Proses Pembelian Buah Durian Lokal Di Pasar Tradisional Dolopo Dan Di Pasar Modern Hypermart Di Madiun Jawa Timur
Main Author: | Prillia, HanifahDrisma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131398/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan Badan Pusat Statistika (BPS), kabupaten Madiun tahun 2015 merupakan wilayah produksi durian yang tinggi di Jawa Timur. Jumlah pohon durian lokal yang ada di kabupaten Madiun yaitu sebanyak 98.113 pohon dengan catatan pohon produktif sebanyak 52.603 dengan hasil produksi buah durian sebanyak 6.733,18 ton per musim durian atau sekitar 128.000 kg per pohon. Masing – masing kecamatan di Kabupaten Madiun memiliki produksi buah durian dengan jumlah produksi berbeda-beda. Produksi buah durian paling banyak yaitu terdapat di Kecamatan Dolopo, dengan jumlah poduksi buah durian pada tahun 2015 sebanyak 3.067 Ton/ Tahun. Berdasarkan data BPS tahun 2013 mengenai peningkatan konsumen buah durian di Indonesia juga mengalami kenaikan sebanyak 30,91, kenaikan konsumsi buah durian ini juga terjadi di wilayah Madiun. Penelitian dilakukan di 2 tempat yaitu di Pasar Tradisional Dolopo dan di Pasar Modern Hypermart yang berada di Madiun. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive dengan pertimbangan yaitu Pasar Dolopo sebagai sentra atau pusat penjualan durian lokal di daerah Madiun, sedangkan Hypermart merupakan pasar modern yang menjual buah durian lokal. Responden dalam penelitian yaitu konsumen buah durian yang membeli buah durian lokal di Pasar Dolopo dan Hypermart dengan, penentuan responden menggunakan metode accidental sampling sebanyak 90 orang responden. Konsumen akan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam membeli buah durian lokal. Faktor tersebut yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini dari faktor internal yaitu psikologis, pribadi dan sosial sedangkan dari faktor eksternal yaitu periklanan dan atribut dari buah durian. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui berapa besar hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap keputusan pembelian buah durian lokal. Sebelum melakukan analisis data juga melakukan uji kuesioner dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari regresi berganda menunjukkan hasi R square sebesar 76% di Pasar Dolopo dan 85,4% di Hypermart. Sedangkan variabel dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen buah durian di Pasar Dolopo dari faktor internal yaitu pribadi (X2) dengan nilai beta 0,369 sedangkan dari faktor eksternal yaitu atribut (X5) dengan nilai beta sebesar 0,329. Sedangkan variabel yang dominan di Hypermart dari faktor internal yaitu psikologis (X1) dengan nilai beta 0,481 sedangkan dari faktor eksternal yaitu periklanan (X4) dengan nilai beta sebesar 0,451. Secara simultan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap keputusan pembelian buah durian di Pasar Dolopo dan di Hypermart berpengaruh secara signifikan.