Analisis Relationship Marketing Pada Pelanggan Keripik Tempe Abadi (Kasus Di Keripik Tempe Abadi, Ciliwung, Kota Malang)

Main Author: Maulidya, AyuRahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/131272/
Daftar Isi:
  • Keripik Tempe merupakan salah satu produkagroindustri yang menjadiandalan Kota Malang.Selain dikenal sebagai produk unggulan, keripik tempe juga memiliki peluang pasar yang cukup besar. MerkKeripik Tempe ABADI merupakanprodusenkeripiktempepertamadanmenjadipeloporkeripiktempe di Kota Malang yang terkenalakan rasa dankualitasnya. Keripik Tempe ABADI merupakansalahsatuperusahaan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang dapatbertahandalamketatnyapersaingan.Selamamenjalankanusahanya, tidakjarangperusahaanKeripik Tempe ABADI mengalamikendala, diantaranya persaingan usaha yang tinggi dan semakin banyaknya produk baru dengan inovasi yang beragam.Selain itu lemahnya koordinasi antar mitra bisnis juga menjadi salah satu kendala yang perlu diperhatikan.Namundenganberbagaiusaha yang dilakukan, perusahaanmasihdapatbertahandanungguldalampersainganhinggasaatini.Hal initentunyaberkaitandenganhubunganpemasaran yang dilakukanterhadappelanggannya. Dalampenelitianininantinyaakandibahasmengenaihubunganpemasaran (relationship marketing) padapelangganKeripik Tempe ABADI. Tujuanmelakukanpenelitianmengenairelationship marketing iniadalah (1) Menganalisisrelationship marketingantaraprodusenKeripik Tempe ABADIdenganpelanggannyaditinjaudaridimensikepercayaan, komitmen, kepuasan, dankesetiaan. (2) Menganalisistingkatketerikatanrelationship marketingantaraprodusenKeripik Tempe ABADIdenganpelanggannya. Berikutadalahhasildaripenelitian yang sudahdilakukantentanganalisisrelationship marketing padapelangganKeripik Tempe ABADI.Berdasarkanempatdimensirelationship marketing,diperolehhasilskor rata-rata untukdimensikepercayaansebesar 13,4, dimensikomitmensebesar 12,9, dimensikepuasansebesar 11,9 dandimensikesetiaansebesar 12,2. Untukhasilanalisispenilaianpelangganterkaittingkatkepercayaandiperolehprosentas esebesar 56% yang beradapadakategorisangatsetuju.Hal tersebutmenunjukkanbahwapelangganmemilikitingkatkepercayaan yang sangattinggiterhadapprodukKeripik Tempe ABADI.Padavariabelkomitmendiperolehprosentasesebesar 53% yang beradapadakategorisangatsetuju.Komitmen yang tinggidipengaruhiolehkepercayaanpelanggan yang berkelanjutan.Hasilvariabelkepuasanmenunjukkanprosentasesebesar 36% padakategorisetujudan 31% padakategorisangatsetuju.Prosentasetersebutmenunjukkanbahwapelangganmenda patkankepuasanterhadapprodukKeripik Tempe ABADI terkaitdenganmutupelayananyang diberikan, harga yang ditawarkan, danjugakualitasproduk.Padavariabelkesetiaanmenunjukkanprosentasesebesar 46% ii yang beradapadakategorisetuju.Denganhasiltersebutberartibahwapelangganbersediamel akukanpembelianulangprodukKeripik Tempe ABADI danjugaberperansebagai talker(pemberi informasi) perusahaan. Padaanalisistingkatketerikatanrelationship marketing yang sudahdilakukanpadapelangganKeripik Tempe ABADI didapatkanhasilbahwatingkatketerikatanhubunganantaraKeripik Tempe ABADI denganpelangganberadapadakategorikoordinatifyaknidengan total skor rata-rata sebesar 50,4 danberadapadakisarannilaiantara 47,5 – 85,7.Kategorikoordinatifmenjelaskanbahwahubungan yang terjalinantaraprodusendenganpelanggantelahterjalindenganbaik, bahkandapatdikatakanlebihdarisekedarhubungantransaksional.Namunperusahaanh arusmemperhatikansegmentasipasar, sehingganantinyaperusahaandapatmengetahuidanmemenuhikebutuhanpelanggan.S elainitu, mempertahankanreputasijugamerupakanhalpentingbagiperkembanganperusahaan. Denganmempertimbangkaninovasi-inovasi yang akandibuatdanjugamempertahankanmutupelayanan, sehingganantinyakepercayaan, komitmen, kepuasandankesetiaanpelanggandapatmeningkat. PadaakhirnyaperusahaanKeripik Tempe ABADI haruslebihmemperhatikanrelationship marketingsebagaipendekatankepadapelanggan, karenacaratersebutdapatmengakibatkanpelanggantetapsetialebih lama kepadaperusahaandantidakberpalingpadaproduk lain.