Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Pembelian Sayuran Organik Di Loka Malang
Main Author: | Putri, Dita Permata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13114/1/DITA%20PERMATA%20PUTRI.pdf http://repository.ub.ac.id/13114/ |
Daftar Isi:
- Semakin banyaknya permintaan sayuran organik membuat penawaran sayuran organik meningkat pula. Saat ini mulai bermunculan outlet-outlet yang menjual sayuran organik. Hal ini menyebabkan pemasar sayuran organik berlomba-lomba mendapatkan konsumen. Competitive advantage diperlukan unntuk menghadapi persaingan yang kompetitif. Metode untuk menciptakan competitive advantage adalah dengan memberikan kesan positif melalui produk, pelayanan dan suasana. Sehingga dapat menciptakan pengalaman untuk konsumen, menyentuh perasaan dan emosional konsumen. Konsep pemasaran seperti ini biasa disebut dengan experiential marketing. Loka Malang menerapkan konsep tersebut dalam penjualan sayur organiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sense, feel, think, act dan relate terhadap kepuasan konsumen serta menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada pembelian sayur organik di Loka. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2018 dengan cara menyebarkan kuesioner online pada followers Instagram @lokaindonesia yang membeli telah membeli sayur organik di Loka minimal 1 kali dan berumur lebih dari 18 tahun. Penelitian ini menggunakan 50 responden dengan kriteria yang telah disebutkan. Teknik analisis yang digunakan ialah SEM-PLS menggunakan software WarpPLS 5.0. Hasil dari penelitian ini bahwa variabel sense memiliki p-value <0,01; feel 0,22; think <0,01; act 0,01 dan relate 0,03 terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa variabel sense, think, act dan relate berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan variabel feel tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel kepuasan konsumen memiliki p-value <0,01 terhadap loyalitas konsumen yang berarti bahwa kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Variabel experiential marketing yang berpengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen adalah variabel think, kemudian disusul sense, act dan relate yaitu sebesar 24%; 23%; 22% dan 19%. Variabel kepuasan konsumen berpengaruh 71% terhadap loyalitas konsumen. Nilai R2 sense, feel, think, act dan relate terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen adalah 0,65 dan 0,50 yang berarti bahwa model masuk kategori kuat dan prediktor model baik dalam menjelaskan variance.