Analisis Pengaruh Faktor Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap (Studi kasus Perusahaan Jenang Tradisional Lasimun UD Sari Murni Bono Boyolangu Tulungagung)
Main Author: | Widyasari, DhitaAyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131072/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat berperan terhadap perekonomian nasional. Beberapa peran UMKM diantaranya adalah mampu menyediakan lapangan kerja atau membuka peluang kerja bagi masyarakat, dapat memanfaatkan sumber daya lokal yang ada dengan pengolahan sederhana, selain itu UMKM juga dapat mendorong adanya pengembangan dan inovasi teknologi. Pertumbuhan UMKM sendiri terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data, jumlah UMKM di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2012 adalah sebanyak 4.211.541, sebanyak 38.244 diantaranya berada di Kabupaten Tulungagung. Selanjutnya dari jumlah tersebut, beberapa diantaranya merupakan perusahaan yang memproduksi makanan khas atau makanan tradisional. Perkembangan UMKM secara langsung semakin meningkatkan persaingan antar UMKM. UD Sari Murni sebagai perusahaan acuan dalam penelitian ini merupakan salah satu UMKM yang memproduksi pangan olahan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka UD Sari Murni juga menghadapi persaingan pasar yang semakin tinggi, hal ini semakin diperkuat dengan munculnya UMKM baru yang juga memproduksi produk sejenis, yaitu jenang tradisional. Setiap perusahaan akan berusaha untuk dapat memenangkan persaingan tersebut, sekaligus mewujudkan konsumen yang loyal terhadap produk yang dipasarkan. Loyalitas konsumen sangat berperan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Beberapa keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan memiliki konsumen yang loyal adalah biaya pemasaran perusahaan akan berkurang. Selanjutnya biaya transaksi lebih rendah, hal ini dikarenakan perusahaan tidak memerlukan biaya lain untuk mengerjakan administrasi bagi konsumen baru. Keuntungan lainnya yaitu biaya perputaran pelanggan dan biaya kegagalan menurun. Hal sebaliknya yang menguntungkan perusahaan yaitu keberhasilan cross selling meningkat serta konsumen yang loyal terhadap perusahaan akan merekomendasikan produk kepada orang lain, sehingga hal ini membantu perusahaan memasarkan produk. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai. Tujuan pertama adalah, untuk mengetahui apakah faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen jenang tradisional Lasimun. Kedua, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari masing-masing faktor tersebut terhadap loyalitas konsumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Analisis regresi linear berganda ini untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variael independen terhadap variabel dependen. Selanjutnya untuk menganalisis pengaruh secara simultan serta parsial dari ketiga faktor tersebut terhadap loyalitas konsumen, pengujian yang digunakan adalah dengan Uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa ketiga faktor yang ada yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikansi masing-masing faktor yang kurang dari 0,05. Selanjutnya secara simultan atau bersama-sama melalui Uji F yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel independen yang ada yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi yang kurang dari 0,000 yaitu sebesar 0,07. Nilai koefisien regresi dari masing-masing faktor adalah kualitas produk sebesar 0,393, kualitas pelayanan sebesar 0,314, dan harga sebesar 0,281.