Daftar Isi:
  • Perencanaan dan pengendalian persediaan produk merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh suatu perusahaan, sebab produk merupakan salah satu faktor yang menjamin kelancaran proses pemasaran. Perencanaan dan pengendalian persediaan produk dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen pada waktu yang akan datang. Kebutuhan akan produk ini diperhitungkan atas dasar perkiraan yang mempengaruhi pola pembelian bahan baku serta besarnya persediaan pengaman. Kegiatan pengendalian persediaan produk mengatur tentang perencanaan dan pelaksanaan pengadaan bahan baku yang diperlukan sesuai dengan jumlah bahan baku yang dibutuhkan serta dengan biaya minimal. Persediaan yang optimal akan menjamin kontinyuitas proses produksi dan sebaliknya apabila persediaan yang kurang dapat menghambat proses pemasaran suatu perusahaan. Perencanaan digunakan sebagai dasar untuk merencanakan waktu dan jumlah penjualan sesuai dengan permintaan konsumen. Teori perencanaan persediaan melakukan analisis peramalan yang digunakan untuk membuat perkiraan mengenai banyak produk yang keluar di masa yang akan datang. Hal ini penting dilakukan karena jumlah permintaan akan barang di CV. Cita Mandiri masih fluktuatif. Terjadinya kelebihan/kekurangan produk stik ubi ungu pada CV. Cita Mandiri mengakibatkan bertambahnya biaya pemeliharaan atas kelebihan persediaan dan bertambahnya biaya pemesanan dikarenakan kekurangan produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis perencanaan persediaan produk stik ubi ungu pada CV. Cita Mandiri selama 6 bulan ke depan menggunakan metode Autoregresive Moving Average (ARMA), dan (2) menganalisis biaya persediaan stik ubi ungu pada CV. Cita Mandiri menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Metode penentuan lokasi pada penelitian ini dilakukan secara purpossive. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan responden dengan cara memilih informan. Responden yang bersangkutan yang dipilih menjadi informan kunci (key informan) adalah Direktur perusahaan, informan utama adalah Manajer Umum dan Asisten Manajer perusahaan serta informan tambahan adalah Kepala Produksi, Kepala Transportasi dan Kepala Pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa model parameter peramalan ARMA terbaik yang dapat digunakan untuk memprediksi peramalan penjualan mingguan stik ubi ungu CV. Cita Mandiri 6 bulan kedepan adalah model parameter (ARMA) (3,3) dengan variabel yang telah di ln-kan. Model parameter (ARMA) (3,3) merupakan model paramater yang terpilih dikarenakan memiliki tingkat akurasi tertinggi berdasarkan nilai MAE, RMSE dan MAPE terkecil atau nilai mendekati nol (0) dari model parameter lainnya. Hasil peramalan penjualan stik ubi ungu CV. Cita Mandiri menunjukkan bahwa pada 6 bulan/26 minggu ke depan total penjualan stik ubi ungu mencapai 5425 bungkus/350 gram. Hasil ii peramalan penjualan juga mengalamai peningkatan jika dilihat dari rata-rata penjualan yaitu sebesar 209 bungkus/350 gram. Hasil analisis pengendalian persediaan stik ubi ungu antara metode yang digunakan oleh perusahaan dengan pengendalian biaya persediaan dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat diketahui bahwa hasil perhitungan persediaan dilakukan menggunakan metode EOQ menghasilkan persediaan yang lebih efisien. Perbandingan perhitungan biaya persediaan yang dilakukan oleh perusahaan dengan perhitungan persediaan dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat diketahui bahwa dengan jumlah frekuensi pemesanan yang sama, menghasilkan biaya persediaan EOQ yang lebih sedikit. Efisiensi biaya persediaan produk stik ubi ungu CV. Cita Mandiri juga mencapai Rp. 80.963,34 atau 21% per minggu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disarankan perusahaan kedepannya agar melakukan kegiatan peramalan terkait prediksi besarnya penjualan stik ubi ungu di masa mendatang dan pengendalian persediaan produk. Metode peramalan dan pengendalian persediaan dapat digunakan bukan hanya pada produk stik ubi ungu saja, melainkan dapat digunakan pada produk camilan lainnya yang terdapat pada CV. Cita Mandiri. Metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat menjadi salah satu metode yang dapat digunakan perusahaan untuk menekan biaya persediaan pada tingkat yang ekonomis.