Analisis Posisi Perusahaan Berdasarkan Laju Pertumbuhan Pasar Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Produk Olahan Apel. (Studi Kasus Pada Cv. Bagus Agriseta Mandiri Desa Bumiaji, Kecamatan Bumia
Main Author: | ‘AthifurRahman, Mirza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131052/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/131052/ |
Daftar Isi:
- Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian adalah CV. Bagus Agriseta Mandiri. CV. Bagus Agriseta Mandiri ini berada di daerah Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Perusahaan ini awal mulanya bertujuan untuk memaksimalkan potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia di daerah Bumiaji. Di mana CV. Bagus Agriseta Mandiri ini menggunakan sumberdayaalam dan sumberdaya manusia dalam melakukan proses produksi. Buah apel biasanya menjadi pilihan sebagian besar orang untuk diolah menjadi sebuah camilan keripik .1. Faktor apa saja yang mempengaruhi lingkungan eksternal dan internal pada CV. Bagus Agriseta Mandiri dalam memasarkan produk olahan apelnya? 2. Bagaimana pangsa pasar dan posisi produk olahan apel CV. Bagus Agriseta Mandiri berdasarkan matrik IFE dan EFE? 3.Bagaimana alternative strategi pemasaran hasil produksi olahan apel yang tepat bagi perusahaan CV. Bagus Agriseta Mandiri yang akan datang berdasarkan analisis SWOT? 1.Mengindentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi lingkungan eksternal dan internal pada CV. Bagus Agriseta Mandiri dalam memasarkan produk olahan apelnya. 2. Mengetahui pangsa pasar dan posisi produk olahan apel CV. Bagus Agriseta Mandiri berdasarkan matrik IFE dan EFE. 3. Merumuskan alternative strategi pemasaran hasil produksi olahan apel yang tepat bagi perusahaan CV. Bagus Agriseta Mandiri yang akan datang berdasarkan analisis SWOT. Variable-variabel yang akan dianalisis dalam penelitian ini meliputi variable internal dan eksternal perusahan.1. Pengukuran bobot faktor strategis internal dengan matrik surgensi 2. Pengukuran bobot faktor strategis eksternal Dengan matrik surgensi 3. Pengukuran variabel matriks IFE-EFE. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan tujuan mengkaji lebih dalam keadaan persahaan sesungguhnya. Data yang diperoleh melalui wawancara, kuisioner dan studi literatur. Tahap-tahap yang digunakan dalam analisis dan pengolahan data adalah analisis lingkungan pemasaran, analisis IFE dan EFE, dan matrik SWOT. Hasil identifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai faktor strategis internal ini kemudian diberi bobot dan rating sehingga diperoleh hasil seperti pada tabel 7. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat pemberian harga di bawah pesaing dilakukan oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri pada produknya. Kekuatan yang memiliki skor tertinggi adalah yang terjangkau dengan nilai 0,36 yang memang sudah dirumuskan oleh perusahaan agar dapat menembus segmentasi pasar yang didominasi oleh konsumen berbagai kalangan. Pengawasan mutu produk dilakukan dengan sangat ketat oleh perusahaan dengan standar kualitas yang ditentukan mulai dari bahan baku sampai pengolahan akhir produksi memiliki skor tertinggi nilai 0,28. Dari hal tersebut produk olahan apel CV. Bagus Agriseta Mandiri memiliki standar kualitas yang baik tidak jauh dengan apa yang di harapkan konsumen dengan memiliki nilai 0,28. Beberapa alternative strategi pemasaran dapat dihasilkan melalui pendektan bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion). Strategi produk dilakukan dengan menjaga kualitas produk sebagai upaya untuk menjaga citra produk yang telah ada sebagai produk berkualitas, mendesain kemasan yang masih sederhana agar lebih menarik dan terlihar lebih elegan sertamelakukan pengembangan produk olahan apel. Strategi harga yang dilakukan antara lain harga dan potongan pembelian serta penetapan harga promosional, penetapan harga maksimum seharusnya berdasarkan pada keseimbangan antara kepentingan konsumen. Strategi distribusi, prusahaan sebaiknya mengembangkan jaringan distribusi di daerah-daerah yang belum dijangkau oleh pasar. Sedangkan strategi promosi yang dapat dilakukan perusahaan adalah melalakukan periklanan melalui media sosial atau menggunakan media cetak seperti majalah-majalah lokal. Pemanfaatan kemajuan teknologi seperti adanya internet juga harus diperhatikan oleh perusahaan.