Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Sayuran Organik (Studi Kasus di Kurnia Kitri Ayu Farm, Kecamatan Sukun, Kota Malang)
Main Author: | Marcilia, Dita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131038/1/COVER_ALL.pdf http://repository.ub.ac.id/131038/2/DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/131038/3/ISI_%28REVISI%29.pdf http://repository.ub.ac.id/131038/ |
Daftar Isi:
- Penduduk Indonesia sebagian besar yang tinggal di daerah pedesaan masih bermata pencaharian sebagai petani. Sistem pertanian di Indonesia kebanyakan masih menggunakan sistem bertani secara konvensional daripada sistem bertani secara organik. Pertanian organik sangat penting untuk dikembangkan pada era globalisasi ini. Perusahaan selalu berusaha semaksimal mungkin memelihara loyalitas dihati para pelanggan. Semakin banyak jumlah pelanggan yang loyal terhadap produk tersebut, semakin besar pula keuntungan yang didapat perusahaan. Hubungan pemasaran sangat penting karena tanpa adanya perantara dan masyarakat yang mengkonsumsi produk tersebut maka proses produksi dan distribusi produk akan terhambat. Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang setia dengan merek produk yang sama, tetapi dalam kenyataannya masih banyak pelanggan sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm yang masih membeli produk sayuran organik di tempat lain. Permasalahan yang terjadi pada sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm sering terjadi pada transaksi jual beli sayuran organik. Hubungan antara perusahaan dengan pelanggan harus terjalin dengan baik dan seimbang supaya pelanggan menjadi nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena masih banyak masyarakat yang mengkonsumsi sayuran biasa yang penuh dengan bahan-bahan kimia daripada sayuran organik yang dapat menjaga kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda, meliputi uji F (uji simultan), uji t (uji parsial), uji dominan, dan uji koefisien determinasi (adjusted R2). Sistem agribisnis sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Fam terdiri dari penyiapan lahan, penyemaian benih, penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama penyakit, panen, pasca panen, dan pemasaran. Hasil penelitian yang didapat membuktikan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan dari relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm. Hasil tersebut dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel (8.526 > 2.43). Variabel yang memiliki nilai signifikan < α (0.05) pada uji t, antara lain variabel kepercayaan sebesar 0.011, variabel komitmen sebesar 0.393, variabel komunikasi sebesar 0.013. Variabel yang dominan adalah variabel kepercayaan. Nilai adjusted R2 sebesar 0.434. Kesimpulannya, apabila ketiga variabel tersebut digunakan dalam relationship marketing pembelian sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm akan berdampak lebih menguntungkan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.