Daftar Isi:
  • UD. Hasil Bumi Raya merupakan salah satu unit usaha yang menghasilkan produk setengah jadi, dari kacang tanah menjadi kacang tanah kupas. Bahan baku kacang tanah diperoleh dari pemasok kacang tanah yang bekerjasama dengan UD. Hasil Bumi Raya. Kerjasama ini dapat dilakukan jika tercipta hubungan yang saling mempercayai dan saling menguntungkan. Oleh karena membina suatu hubungan antara pelaku rantai pemasok sangat penting dilakukan, maka perlu diadakan penelitian mengenai analisis tingkat kinerja pemasok kacang tanah dengan UD. Hasil Bumi Raya. Tujuan penelitian ini antara lain: 1. Menganalisis tingkat kinerja antara UD. Hasil Bumi Raya dengan para pemasok di lokasi penelitian. 2. Menganalisis hubungan jangka panjang (kepercayaan, komitmen, komunikasi, kepuasan dan ketergantungan) antara UD. Hasil Bumi Raya dengan para pemasok di lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan di perusahaan kacang tanah kupas UD. Hasil Bumi Raya yang terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Responden dalam penelitian ini adalah manajer UD. Hasil Bumi Raya dan para pemasok kacang tanah, untuk mengetahui bagaimana persepsi dari manajer UD. Hasil Bumi Raya dan para pemasok kacang tanah mengenai tingkat kepuasan, kepercayaaan, ketergantungan, komitmen dan komunikasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah delapan responden. Penentuan responden pelanggan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yakni dua dari pihak UD. Hasil Bumi Raya manajer pelaksana dan supervisor, dan secara sensus pada enam pemasok kacang tanah. Metode analisis aliran uang, barang, dan informasi menggunakan analisis deskripsi. Sedangkan tingkat kinerja menggunakan analisis Scedduled Order To Costumer Request (SOCR) dan Delivery Performance to Request Date (DPRD), dan hubungan jangka panjang menggunakan analisis skala Likert. Dari hasil analisis diketahui bahwa tingkat kinerja pemasok kacang tanah dengan UD. Hasil Bumi Raya berdasarkan nilai rata-rata SOCR dan DPRD, pemasok Minto Hadi (Wonosari) merupakan pemasok yang memiliki rata-rata tingkat kinerja tertinggi di antara pemasok kacang tanah lainnya yaitu sebesar 91,55%, sedangkan pemasok Edo Yonatan (Asembagus), Wahyudi (Madiun), Ardiansyah (Klaten), Suriadi (Tuban) dan Toni Agus CV. Merak Jaya (Surabaya) memiliki rata-rata tingkat kinerja sebesar 85,53%, 79,55%, 76,96%, 74,68% dan 80,17%. Sementara itu, dalam analisis tingkat kepercayaan, komitmen, komunikasi, kepuasan dan ketergantungan UD. Hasil Bumi Raya dengan pemasok kacang tanah memiliki nilai sebesar 87,78%, 87%, 76,67%, 79,17% dan 76,67%. Mengacu hasil penelitian disarankan: (1) Pemasok kacang tanah diharapkan tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja dalam kerjasama dengan UD. Hasil Bumi Raya yang telah dibangun selama ini melalui pengiriman yang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah disepakati maupun permintaan yang memdadak. (2) UD. Hasil Bumi Raya maupun pemasok kacang tanah lebih meningkatkan komunikasi antara satu dengan yang lain agar tercipta komunikasi yang berkesinambungan. (3) UD. Hasil Bumi Raya lebih memperbaiki administrasi dan pembukuan perusahaan. Jika hal tersebut dilakukan, maka pencatatan barang masuk dan keluar akan lebih terstruktur dan pengeluaran perusahaan untuk operasional dalam proses produksi dapat diketahui secara pasti. Selain itu, UD. Hasil Bumi Raya membutuhkan struktur organisasi sehingga pembagian kerja menjadi jelas dan tertangani dengan baik. (4) Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya menambahkan rantai pasok dari petani hingga konsumen akhir sehingga penelitian lebih detail dan lengkap.