Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Pia Apel Di Ud. Permata Agro Mandiri, Kota Batu

Main Author: Kamaratih, MarenRose
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130793/
Daftar Isi:
  • Kota Batu merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi agroindustri yang baik, dimana di Kota Batu ini memiliki banyak hasil pertanian yang dapat diolah menjadi berbagai produk. Tingginya produksi apel membuat buah apel banyak yang tidak terjual, sehingga perlu penanganan lebih lanjut oleh agroindustri agar dapat meningkatkan nilai jual. Agroindustri pia apel UD. Permata Agro Mandiri adalah salah satu agroindustri yang mengolah buah apel menjadi produk olahan pia apel. UD. Permata Agro Mandiri merupakan agroindustri kecil yang mampu memberikan nilai tambah dan keuntungan yang tinggi pada produk pia apel, agroindustri ini juga memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan karena mampu meningkatkan kesejahteraan petani apel dan mampu menyerap tenaga kerja di sekitar agroindustri, namun kurangnya promosi produk pia apel dan minimya keterampilan tenaga kerja yang dimiliki produsen mengakibatkan produk yang dihasilkan belum maksimal. Selain itu terbatasnya daerah pemasaran pia apel UD. Permata Agro Mandiri ini mengakibatkan rendahnya penerimaan dan keuntungan yang diperoleh produsen pia apel. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis besarnya nilai tambah dari usaha pia apel di UD. Permata Agro Mandiri, (2) Menganalisis besarnya pendapatan dari usaha pia apel di UD. Permata Agro Mandiri, (3) Menganalisis rencana strategis yang tepat untuk pengembangan usaha pia apel di UD. Permata Agro Mandiri. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive yakni pada lokasi agroindustri UD. Permata Agro Mandiri. Pemilihan lokasi disesuaikan dengan tujuan penelitian serta pertimbangan bahwa UD. Permata Agro Mandiri merupakan pelopor agroindustri pengolahan pia apel di Kota Batu. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan purposivesampling. Responden pada penelitian ini terdiri dari pemilik, manajer keuangan, serta manajer produksi. Pemilihan responden dilakukan dengan alasan bahwa responden tersebut memiliki wewenang mengenai data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh peneliti secara langsung melalui wawancara dan kegiatan observasi perusahaan. Data sekunder diperoleh dari arsip-arsip perusahaan dan informasi dari lembaga lain yang terkait dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis nilai tambah, analisis biaya, analisis penerimaan, analisis keuntungan, analisis Break Even Point, analisis R/C rasio, analisis lingkungan internal dan eksternal, analisis matrik IE, analisis matrik grand strategy, analisis matrik SWOT dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan nilai tambah yang dihasilkan produk pia apel UD. Permata Agro Mandiri yaitu untuk setiap 1 kg apel adalah Rp. 8.628 dengan rasio nilai tambah 19%. Keuntungan yang diperoleh agroindustri pia apel dalam satu kali produksi sebesar Rp.1.358.761,42. Keuntungan ini diperoleh dari v jumlah penerimaan sebesar Rp. 2.450.000 dikurangi biaya total sebesar Rp.1.091.238,58 yang dikeluarkan perusahaan. Berdasarkan matrik IE (internal-eksternal) strategi yang diterapkan pada agroindustri pia apel UD. Permata Agro Mandiri adalah strategi pertumbuhan dan stabilitas sedangkan untuk matrik grand strategy yang dapat diterapkan adalah strategi agresif. Hasil dari matrik QSPM didapatkan 5 prioritas teratas strategi yaitu (1) Pelatihan tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk (2) Melakukan penetrasi pasar dan pemanfaatan teknologi untuk memperluas area pemasaran (3) Meningkatkan daya saing dengan peningkatan kualitas produk (4) Meningkatkan kapasitas produksi (5) Mempertahankan kepercayaan pemasok bahan baku.