Analisis Willingness To Pay Pengunjung Terhadap Wisata Kampung Enem (Wiken) Di Desa Patok Picis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang

Main Author: Nugroho, Galih Febriantoni Prasetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13070/1/GALIH%20FEBRIANTONI%20PRASETYO%20NUGROHO.pdf
http://repository.ub.ac.id/13070/
Daftar Isi:
  • Wisata Kampung Enem merupakan sebuah objek wisata yang dibangun dengan menggunakan konsep wisata berbasis lingkungan. Pembangunan wisata dilakukan secara swadaya oleh pengelola wisata dengan dana yang diperoleh dari iuran anggota. Dana yang terkumpul masih belum mampu mendorong pengembangan dan perbaikan wisata, terlebih dengan tidak adanya biaya tiket masuk wisata sebagai sumber pendapatan dari Wisata Kampung Enem. Penting untuk mengetahui nilai dari jasa lingkungan yang diterima oleh pengunjung Wisata Kampung Enem sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan harga tiket masuk wisata. Berdasarkan permasalahan tersebut, terdapat dua tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu mengetahui nilai Willingness to Pay pengunjung terhadap Wisata Kampung Enem dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai Willingness to Pay pengunjung terhadap Wisata Kampung Enem. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan linier time function. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode valuasi sumberdaya alam dan lingkungan wisata dilakukan dengan menggunakan Contingent Valuation Method (CVM) dengan mengestimasi nilai Willingness to Pay pengunjung terhadap Wisata Kampung Enem. Analisis data menggunakan perhitungan nilai estimasi rataan WTP dan persamaan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui nilai Willingness to Pay pengunjung terhadap Wisata Kampung Enem adalah sebesar Rp 12.766,-. Sebanyak 13 orang responden dari total 47 responden bersedia membayar dengan harga di atas Rp 12.766,-, sementara sebanyak 34 orang responden lainnya bersedia membayar dengan harga di bawah Rp 12.766,-. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, diketahui bahwa faktor pendapatan berpengaruh positif dan faktor usia berpengaruh negatif terhadap nilai Willingness to Pay pengunjung. Selain itu, faktor jenis kelamin, lama pendidikan, dan jumlah rombongan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai Willingness to Pay pengunjung.