Analisis Strategi Pemasaran Jasa dan Keunggulan Bersaing Tembakau pada Unit Usaha Jasa Redrying di Koperasi Kareb Bojonegoro, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur

Main Author: Puspita, DintaEka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130584/
Daftar Isi:
  • Koperasi Kareb Bojonegoro merupakan salah satu Koperasi Mandiri yang bergerak dalam bidang Jasa Redrying serta Thresing. Koperasi ini memilliki beberapa unit usaha dengan yang bergerak dalam beberapa bidang usaha, diantaranya pertokoan/toserba, SKT (Sigaret Kretek Tangan), Transportasi, Perumahan (Guest House), serta UKM Pameran Kerajinan Tangan. Banyak unit usaha yang dijalankan maka tak jarang banyak kompetitor yang bersaing dengan mendirikan usaha yang sama, seperti usaha jasa redrying ataupun threshing. Namun melihat kondisi pasar perekonomian global yang melahirkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) seperti saat ini, mengharuskan Koperasi Kareb Bojonegoro harus mampu bersaing guna meningkatkan keunggulan bersaing. Selain itu dengan semakin tingginya volume permintaan jasa di Koperasi Kareb Bojonegoro maka dibutuhkan strategi yang tepat bagi perusahaan baik dari segi eksternal maupun faktor internal. Hasil dari kegiatan ini yang nantinya akan diimplementasikan untuk menentukan strategi yang tepat guna dan berkesinambungan bagi Koperasi Kareb Bojonegoro untuk menghadapi persaingan global Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentikasi serta mendeskripsikan fenomena guna merumuskan strategi yang tepat melalui identifikasi faktor-faktor dari perusahaan baik faktor eksternal maupun internal yang dapat mempengaruhi perkembangan dari Koperasi Kareb Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan dari kegiatan penelitian ini diantaranya IFAS Matrix, EFAS Matrixs, IE Matrixs, Grand Strategy, Analisis SWOT, serta Analisis QSPM Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diketahui bahwa Kekuatan utama yang dimiliki oleh Koperasi Kareb berdasarkan Matriks IFAS adalah Kredibilitas pimpinan serta staff yang bertanggung jawab dan professional (30,4), selain itu kekuatan kedua terdapat pada kapasitas mesin yang berskala besar (34,8). Sedangkan untuk kelemahan yang dimiliki oleh Koperasi Kareb Bojonegoro lebih condong ke sistem pemasaran (promosi) yang masih manual serta pemanfaatan media promosi yang belum maksimal Hasil dari Matriks EFAS sendiri berasal dari peluang pasar yang relatif besar (32,0) serta permintaan jasa yang tinggi dari pabrikan rokok, dan industry lainnya (28,4). Sedangkan untuk ancaman yang harus dihindari maupun diwaspadai oleh Koperasi Kareb Bojonegoro yaitu Fluktuasi kurs nilai dollar (16,6) serta banyaknya kompetitor sejenis (16,0) ii Untuk hasil analisis dari Matrix IE didapatkan bahwa posisi perusahaan terdapat pada sel V, yaitu kondisi Growth & Stability, sehingga upaya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan penetrasi pasar & pengembangan produk jasa Untuk analisis SWOT didapatkan 4 alternatif strategi, diantaranya Strategi SO, Strategi ST, Strategi WT. serta Strategi SW, dimana pada tahapan selanjutnya yaitu dengan analisis QSPM. Analisis ini merupakan tahapan terakhir dalam perumusan strategi, sehingga dalam analisis ini nantinya akan diperoleh hasil strategi yang berpengaruh dan dapat diimplementasikan oleh Koperasi Kareb Bojonegoro, seperti strategi SO dengan skor 581,6. Dengan upaya yang dapat dilakukan diantaranya optimalisasi SDA, SDM maupun kualitas pelayanan jasa, agar pelayanan yang dapat diberikan kepada customer tetap terjaga dan berkesinambungan serta dengan adanya pengembangan serta pengelolaan jaringan pasar agar tercipta sistem promosi dan pemasaran yang lebih berkesinambungan