Analisis Faktorfaktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Jamur Tiram di Giant Supermarket Kota Malang (Studi pada Giant Mall Olympic Garden, Giant Pulosari, dan Giant Dinoyo)
Main Author: | AlKhoiri, AhmadNashiruddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/130578/ |
Daftar Isi:
- Menurut instansi BPS (2013), diperoleh keterangan bahwa frekuensi konsumsi sayuran masyarakat Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan adanya daya beli masyarakat yang cukup tinggi terhadap sayuran. Konsumsi sayuran oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di kota besar mempunyai pola jenis konsumsi sayuran yang bermacam-macam. Salah satu jenis sayuran yang kini dikonsumsi oleh masyarakat perkotaan adalah jamur (jamur konsumsi), khususnya jenis jamur tiram. Pemasaran sayuran sangat memberikan peluang bagi beberapa pasar modern seperti Supermarket. Giant Supermarket merupakan pasar modern di Kota Malang yang memasarkan produk sayuransayuran termasuk sayuran jamur tiram dan memiliki potensi pengunjung yang beragam. Berdasarkan hal tersebut, maka menarik untuk diteliti mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran jamur tiram di Giant Supermarket Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran jamur tiram di Giant Supermarket Kota Malang; 2) Menganalisis faktor yang dominan mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran jamur tiram di Giant Supermarket Kota Malang. Lokasi penelitian ini adalah Giant Supermarket Kota Malang yang didasarkan pada survei pendahuluan bahwa Giant Supermarket Kota Malang memasarkan berbagai jenis sayuran jamur konsumsi termasuk sayuran jamur tiram dan memiliki potensi pengunjung yang beragam. Metode penentuan responden adalah non-probability sampling dan pengambilan sampel secara accidental sampling. Jumlah responden yang didapatkan sebanyak 45 responden (22 orang melakukan pembelian ulang dan 23 orang tidak melakukan pembelian ulang). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan kuisioner kepada responden sebagai data primer dan data sekunder dari literatur dan instansi tempat penelitian. Metode analisis data yang dilakukan adalah deskriptif dan kuantitatif diantaranya uji validitas, reliabilitas, normalitas data, prediksi probabilitas, dan regresi Linear Probability Model (LPM) dengan uji koefisien determinasi (uji R2), uji simultan (uji F), dan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa faktor harga, merek, kemasan, lokasi, dan pendapatan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian produk sayuran jamur tiram di Giant Supermarket dengan nilai F hitung yang lebih besar dari nilai F tabel (α 5%) yaitu 16,117 > 2,61. Namun, faktor-faktor yang berpengaruh nyata secara parsial terhadap keputusan pembelian produk sayuran jamur tiram di Giant Supermarket adalah faktor merek, kemasan, dan pendapatan dengan koefisien regresi berturut-turut sebesar 0,021, 0,013, dan 0,013, sedangkan faktor harga dan lokasi tidak berpengaruh nyata secara parsial. Faktor yang dominan mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk sayuran jamur tiram di Giant Supermarket berdasarkan nilai koefisien regresi terbesar adalah faktor merek yaitu sebesar 0,021. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka saran yang dapat dibuat antara lain: 1) Merek dan kemasan produk sayuran jamur tiram perlu dilakukan pengembangan salah satunya dengan promosi atau iklan dan inovasi variasi kemasan; 2) Merek produk sayuran jamur tiram perlu lebih diperhatikan penampilannya dalam meyakinkan minat beli konsumen, salah satunya dengan melengkapi informasi pada merek produk seperti menambahkan adanya nama dan alamat perusahaan supplier atau produsen produk sayuran jamur tiram yang dipasarkan di Giant Supermarket Kota Malang.