Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Lele (Clarias Sp.) Di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan (P2mkp) Mekar Sari Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Tulungagung Jawa Timur Dalam Pembangunan Minapolitan

Main Author: Afifa, Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13046/
Daftar Isi:
  • Analisis SWOT merupakan alat analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi suatu usaha. Dimana dalam analisis ini terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian dilakukan di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan (P2MKP) Mekar Sari Tulungagung. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui profil usaha P2MKP Mekar Sari, mengetahui aspek-aspek, menganalisis faktor internal dan eksternal, dan menemukan alternatif strategi yang digunakan dalam usaha pembesaran ikan lele pada P2MKP Mekar Sari. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan polpulasi 25 anggota P2MKP Mekar Sari dan sampel berjumlah 6 orang. Dari hasil analisis SWOT yang didapatkan faktor internal dan eksternal pada usaha pembesaran ikan lele di P2MKP Mekar Sari diperoleh nilai koordinat 1,35 : 0,95. Dimana kondisi tersebut terletak pada kuadran 1 yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan dengan menggunakan strategi SO (Strenght opportunity) yaitu dengan cara mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan agresif. Adapun strategi SO yang digunakan seperti memaksimalkan potensi lokasi usaha dan sumberdaya yang ada dan mempertahankan kualitas ikan lele dan meningkatkan kerja sama dengan stakeholder serta mempererat kemitraan produksi agar dapat bertahan di pasaran.