Analisis Persepsi Petani Padi Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pupuk Organik (Studi Kasus Di Desa Purwoasri, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang)

Main Author: Kharismasithoh, Tahta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130395/
Daftar Isi:
  • Pembangunan pertanian memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional.Berbagai peran strategis pertanian sejalan dengan tujuanpembangunan perekonomian nasional yaitu meningkatkan kesejahteraanmasyarakat Indonesia, mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia, mengurangi tingkat kemiskinan, memelihara keseimbangansumberdaya alam dan lingkungan hidup serta menyediakan lapangan pekerjaan. Adanya produsen pupuk yang telah berkembang di Indonesia membuat pemerintah bekerjasama untuk membuat pupuk yang ramah lingkungan sehingga petani dan masyarakat mulai menyadari pentingnya kesehatan dan untuk memperbaiki unsur tanah yang semakin lama semakin rusak kualitasnya. Persepsi petani dengan adanya strategi bauran pemasaran yang tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi lahan petani makaakan membuat petani menggunakan dan beralih dari menggunakan pupuk kimia menjadi menggunakan pupuk organik. Konsep pemasaran yang strategis ini yang nantinya dapat mengubah persepsi petani bahwa keunggulan pupuk organik memang lebih baik untuk meningkatkan kegemburan tanah pada saat awal tanam. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh kios pupuk organik di daerah penelitian dan 2) menganalisis persepsi petani terhadap strategi bauran pemasaran produk pupuk organik. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Desa Purwoasri,Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Penentuan lokasi ini ditentukan secara purposive methode dengan pertimbangan bahwa didaerah tersebut merupakan sentra produksi padi. Kemudian penentuan responden menggunakan teknik pengambilan sampel dengan Probability Sampling Technique yang merupakan pengambilan contoh acak yang memiliki peluang bukan nol yang diketahui masuk dalam contoh. Pengambilan contoh responden dengan cara random atau acak sehingga mendapatkan contoh sampel penentuan responden sebanyak 40 petani padi. Mengetahui persepsi petani pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh kios menggunakan alat analisis 1) Uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, serta 2) analisis statistik deskriptif, dimana untuk mengetahui persepsi positif atau negatif petani terhadap strategi yang diterapkan oleh kios pertanian. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh kios Tumapel Jaya meliputi strategi produk (X1) dimana kios Tumapel Jaya menjual produk yang memiliki merk yang mudah dikenal, terdapat lebel untuk menambah informasi petani akan produk pupuk organik tersebut, kemasan yang baik dan mempunyai kualiatas yang bagus. Strategi bauran pemasaran yang kedua yaitu lokasi (X2) juga memiliki strategi yang baik dimana lokasi yang mudah terjangkau dan dekat dengan rumah petani serta untuk mendapatkan pupuk organik pada kios Tumapel Jaya juga mudah. Mengenai harga (X3) strategi yang dilakukan oleh kios memiliki harga yang terjangkau, membuat petani merasa lebih hemat dan dengan harga yang murah tetapi juga sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Mengenai strategi promosi (X4) yang dilakukan oleh kios Tumapel jaya yaitu dengan melalui promosi media dengan kegiatan kumpul warga dan presentasi serta promosi viii