Pengaruh Bauran Pemasaran (Extended Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ramayana Agro Mandiri Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Main Author: Akbar, MuhammadAbidzarAlghiffari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130279/
Daftar Isi:
  • Perusahaan kelas menengah, atau biasa disebut UKM (Usaha Kecil Menengah) salah satu yang bergerak di bidang agroindustri yang berdomisili di kota Batu adalah UD Ramayana Agro Mandiri. Perusahaan yang berlamat di desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji ini Mengetahui Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Ketua Dr. Ir. Syafrial, MS. NIP. 19580529 198303 1 001 12 termasuk perusahaan yang dapat bertahan di kerasnya persaingan dan sudah berdiri sejak tahun 2005. Diawal perusahaan berdiri memang masih pontang panting jalannya usaha, bahkan di tahun kelima perusahaan berdiri hampir kolaps. Tetapi dengan berbagai cara perusahaan dapat survive dan bahkan dalam lima tahun terakhir penjualan perushaan UD Ramayana Agro Mandiri Agro Mandiri semakin meningkat. Hal ini tentu tidak dapat dilepaskan dari adanya strategi pemasaran yang diterapkan oleh UD Ramayana Agro Mandiri Agro Mandiri. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yang ingin dicapai diakhir penelitian. Tujuan pertama untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan perusahaan secara deskriptif. Selain itu juga menganalisis dari pengaruh variabel bauran pemasaran secara keseluruhan terhadap volume penjualan. Terakhir adalah menganalisis variabel bauran pemasaran secara parsial dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Metode untuk mengetahui kondisi perusahaan adalah metode analisis deskriptif, dan juga analisis kuantitatif yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Dalam analisis deskriptif akan dipaparkan mengenai penjabaran strategi yang telah dilakukan oleh perusahaan dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Dan didalam analisis kuantitatif terdapat uji f dan juga uji t untuk menjawab dari tujuan penelitian yang ada. Di dalam analisis tersebut variabel dependennya adalah volume penjualan dan juga variabel independen adalah product, place, people, price, promotion, process, dan physical evidence. Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil dari penelitian antara lain, dilihat analisis deskriptif dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh dari implementasi bauran pemasaran terhadap volume penjualan. Dan memang secara deskriptif yang mempengaruhi adalah peningkatan jumlah produk yang ditawarkan dan juga semakin bertambahnya saluran distrubusi (place) yang dimiliki perusahaan. Dari analisis yang kedua, di uji F ini juga membuktikan bahwa dengan semua variabel secara bersamaan yang ada di variabel independen berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Dari analisis yang ketigam untuk uji t dapat diketahui terdapat dua variabel yang ternyata mempengaruhi secara signifikan terhadap volume penjualan. Kedua variabel tersebut adalah variabel X1 atau produk, dan variabel X2 atau variabel tempat/place. Variabel X1 atau produk mempunyai nilai signifikansi 0,00 dan juga X2 atau place yang mempunyai signifikansi 0,13.