Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Pembelian Produk Industri Rumah Tangga Agro Citra Abadi, Kota Wisata Batu, Provinsi Jawa Timur

Main Author: Annisa, AnindaAyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130241/1/ANINDA_AYU_ANNISA_115040101111043.pdf
http://repository.ub.ac.id/130241/
Daftar Isi:
  • Pertanian merupakan salah satu sektor yang penting di Indonesia. Indonesia merupakan suatu negara agraris yang menghasilkan beraneka ragam sayuran dan buah-buahan. Salah satu jenis buah-buahan yang banyak ditanam di Indonesia adalah apel. Secara umum diketahui bahwa buah apel termasuk salah satu buah yang tidak dapat disimpan lama, pada musim panen jumlahnya berlimpah dan tidak seluruhnya habis terjual atau dikonsumsi dalam bentuk segar. Bagian utama yang bernilai cukup ekonomi dari tanaman apel adalah buahnya. Buah apel selain dikonsumsi segar dapat juga diolah menjadi berbagai macam minuman dan makanan, antara lain seperti keripik dan dodol apel. Keripik dan dodol apel adalah beberapa bentuk hasil olahan buah apel yang biasanya dibeli konsumen sebagai buah tangan. Industri rumah tangga yang memanfaatkan buah apel dan mengolahnya menjadi produk makanan adalah industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Industri rumah tangga tersebut berlokasi di Kota Batu dan dikenal sebagai pengolah buah apel menjadi keripik dan dodol apel merek Citra. Walaupun industri rumah tangga ini baru beroperasi selama lima tahun, tapi pemilik industri rumah tangga ini selalu berusaha supaya keripik dan dodol apel tetap laku dipasaran. Tidak dipungkiri banyak pesaing yang menghasilkan produk sejenis. Hal ini dikarenakan Kota Batu terkenal akan pengembangan produk-produk dari buah apel, sehingga pengolahan hasil pertanian menjadi makanan untuk buah tangan tidak hanya dilakukan oleh industri rumah tangga ini saja. Sehingga dapat mempengaruhi volume pembelian konsumen dari produk industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai variabel bauran pemasaran yang diterapkan oleh industri rumah tangga Agro Citra Abadi, yang mana terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Keempat variabel tersebut di analisis untuk diketahui pengaruhnya terhadap volume pembelian produk keripik dan dodol apel industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Sehingga, kita dapat mengetahui variabel bauran pemasaran mana yang paling berpengaruh terhadap volume pembelian produk keripik dan dodol apel merek Citra. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap volume pembelian produk industri rumah tangga Agro Citra Abadi, dan (2) menganalisis variabel yang paling dominan dari variabel-variabel bauran pemasaran terhadap volume pembelian produk industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Metode yang digunakan dalam menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume pembelian produk merek Citra adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa variabel-variabel yang memiliki pengaruh secara nyata dan signifikan adalah produk (X1) dan tempat (X4). Kedua variabel tersebut dikatakan signifikan karena nilai signifikansinya kurang dari alpha lima persen. Sedangkan, untuk variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap volume pembelian produk merek Citra adalah produk (X1) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,703. Jadi, diantara variabel harga (X2), promosi (X3), dan tempat (X4) maka variabel produk yang sangat berpengaruh terhadap volume pembelian. Artinya, apabila indikator-indikator variabel produk semakin membaik maka dapat meningkatkan volume pembelian produk merek Citra. Dari hasil analisis yang diperoleh, maka beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan ataupun masukan kepada industri rumah tangga Agro Citra Abadi yaitu (1) untuk melakukan kegiatan promosi sebaiknya tidak hanya mengandalkan dari cerita masyarakat, tetapi dapat ditambah cara lain seperti penyebaran brosur, spanduk dan lain-lain. (2) Dalam memasarkan produknya, sebaiknya industri rumah tangga Agro Citra Abadi menambah lokasi penjualan. Karena banyak konsumen yang hanya mengetahui produk ini hanya dari tempat penjualan produk merek Citra saja, yaitu outlet penjualan oleh-oleh Brawijaya.