Analisis Peramalan Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Herbisida Gempur 480 Sl Di Pt Petrokimia Kayaku, Gresik – Jawa Timur
Main Author: | Wardani, MiftahulHandikaSetya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/130217/1/Skripsi_full.pdf http://repository.ub.ac.id/130217/ |
Daftar Isi:
- Pertanian Indonesia Terdiri Dari Sektor Agribisnis. Agribisnis Merupakan Bisnis Di Bidang Pertanian Dan Bidang Lain Yang Mendukung. Sistem Agribisnis Terdiri Dari Sub-Sistem Hulu (Penyediaan Sarana Produksi), Usahatani, Sedangkan Subsistem Hilir Terdiri Dari Pemasaran Dan Pengolahan Hasil Pertanian Serta Didukung Oleh Jasa Penunjang. Indonesia Mempunyai Potensi Yang Sangat Besar Untuk Pengembangan Agribisnis Dalam Pembangunan Nasional, Karena (1) Agribisnis Sangat Berkontribusi Dalam Pembentukan Pdb Dengan Menyumbang Nilai Tambah (Added Value) Terbesar Dalam Perekonomian Nasional Yang Diperkirakan Sebesar 45%, (2) Agribisnis Menyerap Tenaga Kerja Terbesar Diperkirakan Sebesar 74% Dari Total Penduduk Indonesia, Dan (3) Agribisnis Juga Berperan Dalam Penyediaan Pangan Masyarakat (Aprilya, 2011). Pentingnya Sektor Agribisnis Menjadikan Perusahaan Agribisnis Dalam Bidang Sub-Sistem Hulu Untuk Menyediakan Sarana Produksi Dalam Usahatani, Salah Satu Perusahaan Yang Bergerak Dalam Sektor Agribisnis Adalah Pt Petrokimia Kayaku. Pt Petrokima Kayaku Gresik Merupakan Perusahaan Yang Bergerak Dibidang Industri Kimia Pertanian Dan Industri Rumah Tangga Dengan Menghasilkan Produk Yang Berkualitas Dan Telah Menerapkan Sistem Manajemen Mutu Yang Sesuai Dengan Standar Iso 9001:2000. Produk Yang Dihasilkan Antara Lain Insektisida, Fungisida, Herbisida, Rodentisida, Akarisida, Moluskasida, Fumigant, Zat Pengatur Tumbuh, Surfaktan, Antraktan, Pupuk Hayati, Pupuk Cair, Nutrisi Pakan Udang Dan Ikan, Pestisida Rumah Tangga. Gempur Merupakan Produk Herbisida Sistemik Yang Memiliki Bahan Aktif Glifosat Dengan Kandungan Bahan Aktif Sebesar 480 Sl (Soluable Liquid). Herbisida Gempur 480 Sl Ini Mulai Diciptakan Pada Tahun 2010 Dengan Prospek Penjualan Yang Meningkat Pada Awal Tahun Diluncurkan Tersebut. Gempur 480 Sl Sangat Diminati Terutama Untuk Memberantas Gulma Pada Lahan Pertanian, Namun Pada Beberapa Waktu Ini Realisasi Penjualan Produk Gempur 480 Sl Ini Mengalami Penurunan. Penurunan Terjadi Pada Tahun 2014 Yang Menurun Dari Tahun Sebelumnya Sebesar 1.904.510 Liter Pada Tahun 2014 Dan Pada Tahun 2013 Adalah Sebesar 2.400.565 Liter Disebabkan Bahwa Pada Tahun 2014 Tersebut Penurunan Terjadi Karena Faktor Musiman, Sedangkan Produk Mengalami Peningkatan Jika Terjadi Musim Hujan Karena Pada Musim Penghujan Tumbuhnya Rumput Atau Alang-Alang Semakin Cepat. Penelitian Ini Bertujuan Untuk (1) Meramalkan Volume Penjualan Produk Herbisida Gempur 480 Sl Di Tahun Mendatang. (2) Menganalisis Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Volume Penjualan Produk Herbisida Gempur 480 Sl. Metode Data Analisis Yang Digunakan Adalah Analisis Kualitatif Untuk Memperoleh Gambaran Umum Perusahaan Dan Kegiatan Pemasaran Atau Penjualan Yang Dilakukan Pt Petrokimia Kayaku Gresik Serta Analisis Kuantitatif Dengan Menggunakan Metode Analisis Winters Dan Regresi Linier Berganda Untuk Mengetahui Peramalan Penjualan Dan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Volume Penjualan. Berdasarkan Hasil Penelitian Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Volume Penjualan Menunjukkan Bahwa Variabel Independen Yang Berpengaruh Secara Signifikan Yaitu Harga Jual Produk (X1) Dan Biaya Promosi (X3). Sedangkan Jumlah Produksi (X2) Dan Biaya Distribusi (X4) Tidak Berpengaruh Secara Signifikan. Hal Ini Dikarenakan Perusahaan Memprioritaskan Produk Lainnya Yaitu Jenis Herbisida Yang Juga Telah Diproduksi Oleh Perusahaan, Misalnya Yaitu Basmilang 480 Sl Yang Memiliki Kandungan Bahan Aktif Sama Yaitu Glifosat, Bahkan Banyak Produk Herbisida Terbaru Yang Diproduksi Oleh Perusahaan Tergantung Jenis Dan Kandungan Yang Diproduksi. Biaya Distribusi Berbeda-Beda Disetiap Bulannya Hal Tersebut Tergantung Pada Jalur Ekspedisi Yang Dilalui Dan Harga Satuan Sarana Ekspedisi Yang Berbeda-Beda Serta Jumlah Berat Barang Yang Diangkut. Koefisien Determinasi (R2) Dari Hasil Analisis Yaitu Sebesar 0,445 Dengan Α = 0,05. Sedangkan Peramalan Dengan Metode Winters Arah Prediksi Peramalan Penjualan Menunjukkan Nilai Yaitu Pada Bulan Desember 2016 Sebesar 1.100 Liter. Hasil Prediksi Tertinggi Berturut-Turut 2 Tahun Jatuh Pada Bulan Februari, Maret Dan April, Karena Pada Bulan Tersebut Bertepatan Pada Musim Penghujan Yang Dapat Menimbulkan Serangan Tanaman Pengganggu Pada Lahan Pertanian Seperti Gulma Rerumputan Atau Yang Lainnya Sehingga Petani Membutuhkan Herbisida Untuk Memberantas Gulma Hingga Akarnya, Herbisida Dengan Kandungan Glifosat Pada Musim-Musim Penghujan Inilah Yang Banyak Diminati Petani. Total Prediksi Penjualan Pada Tahun 2015 Hingga Desember Sebesar 968.266 Liter Sedangkan Perkiraan Penjualan Pada Tahun 2016 Sebesar 217.871 Liter Terjadi Prediksi Penurunan Sebesar 22,5% Tetapi Penurunan Masih Berada Diantara Ambang Batas Atas Dan Batas Bawah Garis Kepercayaan Pada Grafik Peramalan Penjualan. Saran Yang Diberikan Adalah (1) Sebaiknya Perusahaan Perlu Memperhatikan Dan Mengevaluasi Kembali Perencanaan Penjualan Dan Disarankan Dengan Menggunakan Aplikasi Seperti Microsoft Excel Dan Minitab 17 Serta Bagian Khusus Yang Menangani Peramalan Penjualan. Sehingga Dengan Adanya Hal Itu, Prediksi Penurunan Secara Tajam Pada Tahun 2016 Mendatang, Perusahaan Diharapkan Untuk Mengevaluasi Penjualan Terutama Pada Musim Bulan Tertentu. Agar Penjualan Tidak Semakin Turun Sebaiknya Perusahaan Perlu Memberikan Bentuk Promosi Yang Baru. (2) Sebaiknya Harga Pesaing Merupakan Faktor Eksternal Yang Perlu Diperhatikan Juga, Namun Meskipun Banyak Pesaing Yang Memiliki Bahan Aktif Yang Sama Yaitu Berupa Glifosat Terjadi Persaingan Yang Ketat, Maka Faktor Promosi Juga Harus Ditingkatkan Kembali Guna Bersaing Dengan Produk Herbisida Dari Perusahaan Sejenis Lainnya. Strategi Promosi Yang Perlu Di Tingkatkan Kembali, Misalnya Dengan Media Televisi Mencantumkan Iklan Di Stasiun Televisi, Radio Lokal, Digencarkan Kembali Iklan Di Koran, Bonus Undian Berhadiah, Dll. Sehingga Lebih Bervariasi Untuk Meningkatkan Kembali Penjualan Produk Gempur 480 Sl Ini Dan Sebaiknya Area Penjualan Produk Gempur 480 Sl Lebih Di Perluas Lagi Terutama Di Area Jawa Timur, Dikarenakan Jarang Ditemukannya Produk Gempur 480 Sl Di Jawa Timur. Pihak Agronomis Asm (Area Sales Manager) Sebaiknya Juga Lebih Aktif Untuk Monitoring Ke Kios Distributor Agar Produk Gempur 480 Sl Ini Lebih Kuat Penjualannya Di Area Jawa Timur.