Analisis Sikap Konsumen Dalam Pembelian Produk Chocolatos Grande (Studi Kasus Di Swalayan Roxy Kabupaten Banyuwangi)
Daftar Isi:
- Persaingan Bisnis Yang Semakin Ketat Yang Mengakibatkan Perubahan Sikap Konsumen Di Dalam Mengambil Keputusan Untuk Membeli Suatu Produk. Perusahaan Semakin Dituntut Untuk Mempunyai Strategi Yang Tepat Dalam Memenuhi Target Volume Penjualan. Maka Dari Itu, Setiap Perusahaan Harus Memahami Sikap Konsumen Pada Pasar Sasarannya, Karena Kelangsungan Hidup Perusahaan Tersebut Sebagai Organisasi Yang Berusaha Memenuhi Kebutuhan Dan Keinginan Para Konsumen Sangat Tergantung Pada Perilaku Konsumennya. Perusahaan Pt Garudafood Adalah Produsen Chocolatos Grande, Yang Menciptakan Inovasi Kemasan Baru. Dalam Meningkatkan Persaingan Masing-Masing Perusahaan Harus Dapat Memenangkan Persaingan Tersebut Dengan Menampilkan Produk Yang Terbaik Dan Dapat Memenuhi Selera Konsumen Yang Selalu Berkembang Dan Berubah-Ubah. Sikap Konsumen Dalam Membeli Produk Chocolatos Grande Tidak Lepas Dari Beberapa Atribut Yang Melekat Pada Produk, Hal Ini Sangat Penting Dipertimbangkan Oleh Produsen Khususnya Untuk Semakin Meningkatkan Strategi Pemasarannya Dalam Penjualan Chocolatos Grande Baik Dari Segi Kualitas, Harga, Daya Tahan, Desain Kemasan, Bentuk Kemasan, Ketersediaan Produk (Di Outlet), Dan Lokasi. Pada Penelitian Ini Akan Dikaji Bagaimanakah Sikap Konsumen Terhadap Atribut-Atribut Produk Yang Melekat Pada Produk Chocolatos Grande. Maka Dari Itu Perlu Dilakukan Analisa Sikap Pembelian Seseorang, Jika Diukur Keinginannya Untuk Bertindak Dengan Menggunakan Teori Sikap Konsumen. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah (1) Untuk Menganalisis Atribut Produk Apa Saja Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Produk Chocolatos Grande, (2) Untuk Menganalisis Sikap Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Chocolatos Grande. Penentuan Lokasi Penelitian Dilakukan Secara Sengaja Yaitu Di Swalayan Roxy Kabupaten Banyuwangi. Untuk Menentukan Jumlah Sampel Digunakan Metode Non-Probability Sampling. Metode Analisis Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif Dan Kuantitatif Dengan Metode Cochran Q Test, Uji Reliabilitas, Uji Validitas, Dan Analisis Model Sikap (Multiciri Fishbien). Hasil Dari Penelitian Ini Adalah Tujuh Atribut Produk Yang Sudah Ditentukan Hanya Enam Atribut Yang Terpilih Dalam Pengujian Cochran Q Test Yang Terdiri Dari Kualitas, Harga, Ketersediaan Produk, Daya Tahan, Dan Lokasi. Pengujian Sikap Konsumen Dalam Pembelian Chocolatos Grande Atau Dengan Kemasan Baru Ini Melalui Aplikasi Model Sikap Multiciri Fishbien Menunjukan Bahwa Rata-Rata Sikap Konsumen Terhadap Produk Chocolatos Grande Adalah “Positif”. Berdasarkan Keenam Atribut Yang Dipertimbangkan Konsumen Yaitu Terdapat 28 Responden Atau 40% Menyatakan Bersikap “Positif”, 26 Responden Atau 37,1% Menyatakn Bersikap Negatif, Dan 16 Responden Atau 22,8% Menyatakan Bersikap “Netral”.