Analisis Peramalan Volume Penjualan Dan Strategi Manajerial Pupuk Npk Kebomas (Studi Di Pt. Petrokimia Gresik)

Main Author: Fitriani, Saida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130184/1/COVER_FULL_SAIDA_FITRIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/130184/2/DAFTAR_ISI_SAIDA_FITRIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/130184/3/BAB_I_-_BAB_IV_SAIDA_FITRIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/130184/4/BAB_V_SAIDA_FITRIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/130184/
Daftar Isi:
  • Dewasa Ini Yang Menjadi Primadona Pupuk Anorganik Adalah Pupuk Npk Majemuk Karena Mengandung Unsur Hara Yang Lengkap Dengan Sekali Pemupukan Baik Di Bidang Pertanian Maupun Perkebunan. Petani Mulai Banyak Beralih Menggunakan Pupuk Npk Majemuk, Melihat Data Dari Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia Yang Menunjukkan Bahwa Kebutuhan Pupuk Npk Non Subsidi Yang Memiliki Sasaran Perkebunan Besar, Dan Industri Meningkat Sebesar 10.00% Sejumlah 1.373.349 Ton Dibandingkan Tahun 2013 Dan Perkiraan Peningkatan Kebutuhan Pupuk Npk Nasional Tahun 2015 Adalah 1.510.683 Ton. Pt. Petrokimia Gresik Merupakan Produsen Pupuk Npk Phonska (Subsidi) Dan Npk Kebomas (Non Subsidi) Dan Bertanggung Jawab Untuk Memenuhi 50% Kebutuhan Pupuk Npk Subsidi Nasional Di Indonesia. Sehingga Pt. Petrokimia Gresik Mengutamakan Produksi Dan Pemenuhan Pupuk Subsidi Terlebih Dahulu Dan Selanjutnya Untuk Penjualan Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi). Bila Serapan Pupuk Npk Phonska (Subsidi) Tinggi, Maka Produksi Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi) Akan Rendah Karena Perusahaan Mengutamakan Produksi Npk Phonska (Subsidi) Terlebih Dahulu Dengan Menggunakan Seluruh Total Kapasitas Produksi Pabrik Baik Pabrik Subsidi Maupun Pabrik Non Subsidi, Dan Sebaliknya. Untuk Saat Ini, Kapasitas Produksi Tidak Dapat Dilakukan Perubahan Dan Peningkatan Dikarenakan Perkembangan Pabrik Npk Terakhir Di Tahun 2011 Dan Belum Dilakukan Upaya Perkembangan Pabrik. Stok Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi) Yang Sering Kosong Dan Tidak Sesuai Dengan Target Penjualan, Mengakibatkan Target Penjualan Tidak Dapat Terpenuhi. Hal Ini Bukan Berarti Permintaan Pupuk Npk Kebomas Rendah, Namun Kapasitas Produksi Yang Terbatas Untuk Memenuhi Permintaan Konsumen. Selain Itu, Penetapan Target Penjualan Yang Tidak Sesuai Dengan Perkembangan Penjualan Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi). Terdapat Pola Penjualan Antara Pupuk Npk Subsidi Dan Non Subsidi, Yaitu Apabila Trend Penjualan Pupuk Npk Subsidi Naik, Maka Trend Penjualan Pupuk Npk Kebomas Akan Turun. Pada Permasalahan Tersebut, Dibutuhkan Perencanaan Penjualan. Perencanaan Penjualan Dalam Hal Ini Dapat Dilakukan Dengan Peramalan Penjualan Untuk Beberapa Tahun Kedepan Yang Belum Dilakukan Oleh Pt. Petrokimia Gresik. Peramalan Penjualan Dilakukan Untuk Memprediksi Volume Penjualan Memprediksi Volume Penjualan Yang Lebih Akurat Sehingga Dapat Mengetahui Gambaran Permintaan Di Tahun Mendatang Untuk Membuat Target Penjualan (Rencana Kegiatan Anggaran Perusahaan) Yang Lebih Baik Dan Realistis, Serta Dibutuhkan Strategi Dengan Membuat Model Bisnis Pupuk Npk Kebomas. Tujuan Penelitian Ini Adalah Sebagai Berikut: 1) Untuk Menganalisis Trend Penjualan Pupuk Npk Kebomas Tahun 2010-2014, 2) Untuk Menganalisis Pengaruh Musiman Pupuk Npk Kebomas, 3) Untuk Meramalkan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Pt. Petrokimia Gresik, 4) Untuk Membuat Model Bisnis Pupuk Npk Kebomas. Serta Untuk Strategi Dalam Menanggapi Hasil Peramalan, Dilakukan Dengan Membuat Model Bisnis Kanvas Dengan Menganalisis Kesembilan Elemennya. Penelitian Ini Dilakukan Di Pt. Petrokimia Gresik Secara Purposive Dengan Pertimbangan Sebagai Produsen Npk Phonska (Subsidi) Dan Npk Kebomas (Non Subsidi) Dengan Volume Penjualan Yang Tinggi Dan Aktivitas Bisnis Yang Luas. Metode Analisis Peramalan Yang Digunakan Adalah Sebagai Berikut: 1) Analisis Trend Menggunakan Ordinary Least Square, 2) Analisis Musiman Menggunakan Simple Average Method, Dan 3) Metode Box Jenkins (Arima/Sarima). Hasil Penelitian Adalah Sebagai Berikut: 1) Hasil Analisis Trend Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Menunjukkan Bahwa Trend Volume Penjualan Mengalami Peningkatan Yaitu Sebesar 265 Ton/Periode Atau 265 Ton Dalam Satu Bulan, 2) Hasil Analisis Variasi Musiman Menunjukkan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Dipengaruhi Secara Musiman. Nilai Indeks Musiman Tertinggi Terdapat Pada Bulan April Yaitu Sebesar 1,6 Dan Nilai Terendah Pada Bulan Februari Yaitu Sebesar 0.5, 3) Peramalan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Yang Paling Signifikan Menggunakan Sarima (1,1,3)(1,1,2)12. Berdasarkan Hasil Peramalan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas, Volume Penjualan Tertinggi Pada November 2015 Dan November 2016 Sebesar 88.246 Ton Dan 128.241 Ton. Sedangkan Pada Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Yang Terendah Pada Setiap Tahunnya, Terjadi Pada Bulan Februari 2015 Dan Januari 2016 Berturut-Turut 56.568 Ton Serta 85.057 Ton, 4) Pada Bisnis Model Kanvas Keseluruhan Elemen Perlu Perbaikan,Customer Segment Dengan Membuat Program Kerja Dan Kunjungan Konsumen Untuk Menjalin Hubungan Baik, Value Proposition Dengan Mempertahankan Kualitas Dan Membuat Perencanaan Harga Yang Lebih Kompetitif Serta Riset Produk, Channels Dengan Membuat Program Kerja Kunjungan Perkebunan Pelanggan Terkait Kepuasan Pelanggan Dan Perumusan Strategi Pemasaran, Customer Relationship Dengan Mempertahankan Dan Meningkatkan Komunikasi Via Telepon Menggunakan Konsep Personal Assistance, Key Activities Dengan Meningkatkan Koordinasi Antar Departemen Pos Komando, Membenahi Infrastruktur Distribusi, Dan Tertib Administrasi Dalam Transaksi, Key Resource Dengan Memanajemen Bahan Baku Serta Infrastruktur Untuk Menjaga Kualitas Produk Dengan Departemen Pengadaan Serta Mengelola Sendiri Produksi Bahan Baku Pupuk Npk Kebomas, Key Partners, Perlu Dilakukan Penambahan Jumlah Partner (Trader/Distributor) Dan Perluasan Pasar, Cost Structure, Dengan Mengelola Sendiri Bahan Baku Atau Meminimalisir Biaya Pengadaan Bahan Baku, Dan Pada Elemen Revenue Stream, Diperuntukkan Sebagai Investasi Dan Perbaikan Infrastruktur Produksi; Distribusi; Dan Aktivitas Penjualan.