Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Pak Choy Organik ( Studi Kasus di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang)

Main Author: Asdyanasari, Fika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130066/1/Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/130066/
Daftar Isi:
  • Sayuran Pak Choy organik merupakan salah satu sayuran yang dibubidayakan oleh para petani sayuran organik. Sayuran Pak Choy organik memiliki banyak manfaat bagi yang mengkonsumsi sayuran tersebut yaitu mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan mata, membantu proses pembekuan darah, mencegah kanker, dan kesehatan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk menganalisis atribut-atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik, 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang. Penentuan lokasi berdasarkan teknik purposive sampling yakni di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang. Alasan pemilihan lokasi tersebut karena Kelurahan Pandanwangi merupakan tempat berdirinya Green House Sayur Sehat. Adapun atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik berdasarkan rumus Cochran Q tes antara lain Harga, Rasa, Jenis, Kesegaran, Keutuhan, Pengemasan, Warna, Label organik, Kebersihan, dan Kandungan vitamin. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik yakni faktor pertama atau faktor atribut produk, pendidikan, jumlah anggota keluarga terdiri dari atribut dan harga, pengemasan, pendidikan, dan jumlah anggota dengan nilai loading berturut-turut sebesar 0,656, 0,754, 0,861, 0,789. Faktor kedua atau faktor label organik dan ekonomi terdiri dari atribut label organik dan pendapatan keluarga yakni dengan nilai loading 0,714, dan 0,695. Pada hasil analisis di atas didapatkan bahwa faktor kemasan produk, kelas sosial, dan lingkungan budaya adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik dengan nilai eigen yang paling tinggi yakni sebesar 2,904 dan persentase varian sebesar 48,402%. Jadi sebagian besar masyarakat kelurahan Pandanwangi, kecamatan Blimbing, Malang sangat mempertimbangkan harga dan pengemasan dari sayuran Pak Choy Organik. Harga dari sayuran Pak Choy organik masih dianggap terjangkau daripada produk sayuran organik yang lain. Dengan harga yang dianggap terjangkau, maka konsumen lebih memilih untuk membeli sayuran Pak Choy organik di Green House Sayur Sehat. Dengan pengemasan yang digunakan oleh sayuran Pak Choy organik yang cukup menarik, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli sayuran Pak Choy organik. Jumlah anggota keluarga tiap-tiap konsumen juga mempengaruhi pembelian sayuran Pak Choy organik. Konsumen yang jumlah anggota keluarga yang lebih dari 2, maka cenderung lebih suka membeli sayuran Pak Choy organik dengan jumlah yang besar. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Masa simpan dan bentuk produk yang kurang diperhatikan oleh konsumen sayuran Pak Choy organik, perlu diperhatian oleh produsen sayuran Pak Choy organik. Dikarenakan tidak menggunakan pestisida kimia, maka konsumen kurang memperhatikan masa simpan dan bentuk dari sayuran Pak Choy organik. Hal ini yang perlu diperhatikan oleh produsen sayuran Pak Choy organik, agar dapat meningkatkan pembelian sayuran Pak Choy organik. (2) Lebih meningkatkan kebersihan produk sayuran Pak Choy organik, karena kebersihan dalam sayuran Pak Choy organik merupakan salah satu atribut yang mempengaruhi tingkat pembelian sayuran Pak Choy organic, (3) Tetap mempertahankan kemasan produk sayuran Pak Choy organik, karena kemasan sayuran Pak Choy organik yang menarik konsumen menjadi tertarik untuk membeli sayuran Pak Choy organik