Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Pada Agroindustri Keripik Kentang Di Cv. Cita Mandiri (Studi Kasus Pada Agroindustri Keripik Kentang Di Cv. Cita Mandiri Perum Rejoso, Kelurahan Junrejo Kota Bat
Main Author: | Aprilia, BerthaAyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/130028/1/SKRIPSI_FULL.pdf http://repository.ub.ac.id/130028/ |
Daftar Isi:
- Agroindustri Hasil Pertanian Harus Mampu Memberikan Sumbangan Yang Sangat Nyata Bagi Pembangunan Dikebanyakan Negara Berkembang Karena Empat Alasan, Yaitu: (1) Agroindustri Hasil Pertanian Adalah Pintu Untuk Sektor Pertanian, (2) Sebagai Dasar Sektor Manufaktur, (3) Menghasilkan Komoditas Ekspor Penting, (4) Agroindustri Dapat Menghemat Biaya Dengan Mengurangi Kehilangan Produksi Pascapanen. Beberapa Komoditas Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Agroindustri Misalnya Apel, Ubi, Nangka, Kentang, Pisang Dan Lain Sebagainya. Maka Kentang Merupakan Salah Satu Produk Pertanian Yang Dapat Diolah Menjadi Berbagai Jenis Makanan, Antara Lain Produk Turunan Dari Kentang Ini Adalah Keripik Kentang, Kerupuk, Tepung, Dan Kentang Goreng. Di Kota Batu, Terdapat Kurang Lebih 10 Agroindustri Yang Bergerak Pada Bidang Yang Sama, Salah Satu Agroindustri Tersebut Adalah Cv. Cita Mandiri. Cv. Cita Mandiri Merupakan Salah Satu Agroindustri Keripik Kentang Yang Ada Di Kota Batu Karena Memiliki Kualitas, Citra Rasa Yang Enak Dan Berbahan Kentang Asli Tanpa Ada Campuran Dari Bahan Baku Lainnya. Hal Ini Pula Lah Yang Menjadikan Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Lebih Unggul Dibandingkan Keripik Kentang Lainnya. Kendala-Kendala Yang Dihadapi Cv. Cita Mandiri Saat Ini Adalah Banyaknya Agroindustriagroindustri Keripik Kentang Di Daerah Sekitar. Tujuan Penelitian Ini Adalah (1) Menganalisis Seberapa Besar Nilai Tambah Agroindustri Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Dan (2) Menganalisis Kekuatan Dan Kelemahan Serta Peluang Dan Ancaman Yang Dihadapi Serta Menyusun Startegi Yang Tepat Untuk Mengembangkan Agroindustri Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Berdasarkan Kondisi Internal Dan Eksternal Perusahaan. Metode Penentuan Lokasi Dan Waktu Penelitian Dilakukan Secara Sengaja Yakni Pada Agroindustri Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Yang Terletak Di Jl. Trunojoyo No.19-20 Perum Rejoso Kelurahan Junrejo Kota Batu. Pemilihan Lokasi Penelitian Pada Perusahaan Tersebut Karena Merupakan Salah Satu Agroindustri Yang Bergerak Dalam Bidang Produksi Dan Pemasaran Produk Keripik Kentang. Penelitian Ini Dilakukan Pada Bulan Februari Sampai Maret 2013.Responden Yang Dipilih Dalam Penelitian Ini Adalah Manajemen Cv. Cita Mandiri Dan Konsumen Keripik Kentang. Manajemen Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Dipilih Secara Sengaja Yang Mengetahui Dan Mengelola Cv. Cita Mandiri Sedangkan Responden Produk Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Dilakukan Dengan Menggunakan Accidental Sampling , Metode Ini Digunakan Karena Jumlah Populasi Konsumen Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Tidak Diketahui. Metode Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisisi Nilai Tambah, Analisis Swot, Analisis Lingkungan Perusahaan, Penentuan Keterkaitan Analisis Lingkungan Internal Dan Analisis Lingkungan Eksternal Menggunakan Matriks Grand Strategy, Analisis Qspm ( Quantitative Strategies Planning Matrix) . Berdasarkan Hasil Penelitian Dan Analisis Yang Dilakukan, Diperoleh Bahwa Agroindustri Keripik Kentang Cv. Cita Mandiri Memberikan Nilai Tambah Terhadap Komoditas Kentang. Nilai Tambah Untuk Kentang Menjadi Keripik Kentang Sebesar Rp 29.962,- Dan Rasio Nilai Tambah 81,53 Persen. Hal Ini Berarti Bahwa Nilai Tambah Yang Dihasilkan Termasuk Dalam Kategori Rasio Tinggi. Sehingga Usaha Keripik Kentang Tersebut Harus Dikembangkan Lebih Lanjut Karena Memiliki Potensi Yang Besar. Strategi Yang Dilaksanakan Berdasarkan Hasil Analisis Swot Dan Qspm Terdapat Empat Strategi Dengan Diketahui Nilai Masing-Masing Strategi, Strategi Pertama Sebesar 5,107; Strategi 2 Sebesar 5,975; Strategi 3 Sebesar 4,531; Dan Strategi 4 Sebesar 3,716. Sehingga Strategi Yang Diutamakan Adalah Strategi 2, Strategi 1, Strategi 3 Dan Yang Terakhir Strategi 4. Adapun Strategi Tersebut Yaitu: (A) Meningkatkan Volume Produksi Dan Mempertahankan Kualitas Produk; (B) Melakukan Pengembangan Atau Diversifikasi Produk; (C) Menerapkan Fungsifungsi Manajemen Dengan Baik Mulai Dari Manajemen Bahan Baku, Produksi, Keuangan, Pemasaran Dan Sumber Daya Manusia Dan (D) Meningkatkan Modal Dalam Kegiatan Promosi, Meningkatkan Intensitas Dan Perluasan Media Promosi. Saran Yang Dapat Diberikan Dalam Proses Pengembangan Agroindustri Keripik Kentang Di Cv. Cita Mandiri Antara Lain Pengusaha Sebaiknya Menerapkan Prioritas Strategi Sesuai Hasil Analisis Qspm Yang Telah Dilakukan Dalam Penelitian Ini Dan Perlu Adanya Manajemen Keuangan Yang Rapi Serta Meningkatkan Kegiatan Promosi Dalam Rangka Memperluas Pangsa Pasar.