Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayur Bayam Hijau Organik (Studi Kasus Di Lai-Lai Supermarket Malang, Jawa Timur)
Main Author: | Sianturi, NoviPutriNian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/129891/1/BAB_1.pdf http://repository.ub.ac.id/129891/2/BAB_2.pdf http://repository.ub.ac.id/129891/3/BAB_3.pdf http://repository.ub.ac.id/129891/4/BAB_4.pdf http://repository.ub.ac.id/129891/5/BAB_5_%26_6.pdf http://repository.ub.ac.id/129891/6/JUDUL_%26_DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/129891/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan produksi dan pemasaran produk pertanian organik di Indonesia cukup pesat, ditandai dengan semakin banyaknya supermarket, outlet, dan model pemasaran alternatif di berbagai kota yang menjual produk organik. Adanya fenomena trend membuat masyarakat menginginkan jaminan akan produk makanan dari pertanian yang aman dikonsumsi dan ramah lingkungan. Masyarakat menyadari bahwa penggunaan bahan-bahan kimia nonalami, dalam produksi pertanian ternyata berdampak negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan hidup. Faktor kesehatan menjadi salah satu alasan mengapa konsumen mengkonsumsi pangan organik, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran organik. Ini menunjukkan bahwa adanya pembelian terhadap sayuran organik tidak hanya dipengaruhi oleh faktor gaya hidup maupun tingkat pendapatan, tetapi juga disebabkan oleh faktor lainnya salah satunya faktor manfaat yang diperoleh dari sayur bayam hijau organik tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian untuk menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayur bayam hijau organik. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayur bayam hijau organik di Kota Malang. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayur bayam hijau organik di Kota Malang. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Lai-lai Supermarket. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling yang bersifat accidental sampling dengan jumlah responden 73 orang, dengan rincian 52 orang yang melakukan pembelian sayur bayam hijau organik dan 21 orang melakukan pembelian sayur bayam hijau anorganik. Metode pengumpulan data secara primer dan sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi logistik dan analisis variabel dominan. Hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayur bayam hijau organik dengan analisis regresi logistik diperoleh, faktor yang berpengaruh terhadap pembelian sayur bayam hijau organik antara lain manfaat, pendapatan dan pendidikan. Selanjutnya hasil analisis variabel dominan dalam pembelian sayur bayam organik, diperoleh variabel manfaat memiliki nilai kontribusi koefisien beta yang terstandarisasi lebih tinggi dibandingkan dengan variabel bebas lainnya. Saran yang dapat diajukan dari hasil analisis ini adalah: 1. Bagi pelaku bisnis, perusahaan dianjurkan untuk terus melakukan inovasi guna meningkatkan kualitas dan kuantitas produk agar konsumen semakin tertarik dalam mengkonsumsi sayur bayam hijau organik maupun sayur bayam hijau anorganik. 2. Bagi peneliti selanjutnya, dianjurkan untuk menyertakan faktor-faktor lain dalam analisis untuk dipertimbangkan sehingga hasil penelitian bisa lebih representatif. Hal lainnya, penelitian selanjutnya perlu mengembangkan penggunaan teknik lainnya dalam pengambilan sample agar kelompok konsumen bisa lebih terwakili secara baik tidak hanya dikalangan tertentu.