Pengaruh Kualitas Produk Buah Jambu Biji Kristal (Psidium Guajava L.) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto Desa Tumapel Kec
Main Author: | Sajali, ChusnatulUlaela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/129808/1/skripsi_chusnatul_ulaela_sajali.pdf http://repository.ub.ac.id/129808/ |
Daftar Isi:
- Perubahan lingkungan senantiasa terjadi secara terus menerus dalam proses perkembangan dunia usaha, yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku manusianya. Hal ini menyebabkan pasar yang semula masih menunjukkan ciri-ciri kekurangan dan lebih banyak dikuasai industri atau penjual telah berubah menjadi pasar pembeli. Kondisi ini akan menjadikan produk yang benar-benar berkualitas dapat diterima dipasar dan mampu bersaing terhadap produk-produk yang sejenis. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing, akan menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas yang akan tetap bertahan dan laku di pasaran. Kualitas produk biasanya berkaitan dengan kehandalan, ketahanan, kemudahan pemeliharaan dan kinerja tertentu. Dari kualitas itulah konsumen akan yakin bahwa produk yang mereka konsumsi akan memberikan dampak yang positif. Berdasarkan kondisi di atas, maka UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto menghasilkan buah jambu biji kristal (Psidium guajava L.) yang merupakan mutasi residu dari Muangthai Pak. Buah jambu biji kristal ini ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung-Taiwan. Diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1991 oleh Misi Teknik Taiwan yang sekarang menjadi UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kualitas produk buah jambu biji kristal ( Psidium guajava L.) di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto, 2) Menganalisis variabel kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi) dan durability (daya tahan) yang berpengaruh secara parsial dan simultan serta signifikan terhadap loyalitas konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui kualitas produk buah jambu biji kristal yang diinginkan konsumen dan untuk melakukan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi berganda menggunakan program SPSS 17.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk buah jambu biji kristal yang dinginkan konsumen pada variabel performance (X 1 ) yaitu konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang memiliki rasa yang manis, jumlah biji yang sedikit, dan struktur daging buah empuk. Pada variabel features (X 2 ), konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang sangat bersih, sangat segar, dan warna kulit buah yang sangat cerah. Untuk variabel conformance (X 3 ), konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang bagus, matang, dan memiliki bentuk yang besar. Dalam variabel durability (X 4 ), konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang tidak mudah busuk, sangat tahan terhadap suhu dan cuaca dan memiliki kulit buah yang tidak mudah berubah warna. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh hasil bahwa variabel kualitas produk ( performance, features, conformance , dan durability ) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel independen yang paling dominan mempengaruhi nilai variabel dependen adalah variabel performance (X 1 ) dengan nilai koefisien beta (Beta Coefficient) yang tertinggi yaitu 0,381. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja produk yang terdiri rasa yang dimiliki produk, jumlah biji pada produk dan struktur daging buah produk merupakan yang paling dominan yang mempengaruhi loyalitas konsumen di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto. Saran yang dapat diajukan sebagai pelengkap terhadap hasil penelitian yaitu UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto diharapkan mampu menerapkan strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen seperti melakukan riset berkelanjutan dari segala aspek yang mempengaruhi baik atau buruknya kualitas produk buah jambu biji kristal dan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto.