Pengaruh Atribut Produk Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Sawi Caisim (Brassica Juncea L) Organik (Studi Kasus Di Usaha Tani Kurnia Kitri Ayu Farm Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Malang

Main Author: Utami, BriyantiWidhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/129792/1/skripsi_BRIYANTI_WIDHI_UTAMI_%280910440037%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/129792/
Daftar Isi:
  • Indonesia sebagai negara agraris dengan jumlah penduduk 212 juta jiwa yang umumnya bermata pencaharian sebagai bertani merupakan potensi yang besar untuk mengembangkan bidang pertanian (BPS, 2002). Hal ini perlu menjadi perhatian karena sektor pertanian di Indonesia memberikan peran yang cukup besar dalam perekonomian secara keseluruhan. Peran tersebut diantaranya adalah sebagai penyedia bahan baku industri, penyedia bahan pangan masyarakat, sumber devisa negara, dan penyedia lapangan kerja yang ekstensif. Namun seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan antara tingkat produksi pertanian dan tingkat konsumsi pangan masyarakat. Selain itu pola pikir masyarakat pun semakin memperhatikan pola pangan yang aman dikonsumsi dan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Perubahan strategis ini menuntut adanya perubahan pengembangan kebijakan agribisnis yang berdaya saing. Gaya hidup sehat telah melembaga secara internasional yang mensyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus beratribut aman dikonsumsi ( food safety attributes ), kandungan nutrisi tinggi ( nutritional attributes ), dan ramah lingkungan ( eco-labelling attributes ). Preferensi konsumen seperti ini menyebabkan permintaan sayuran organik dunia meningkat pesat (Bapepam, 2002). Di Indonesia, sawi caisim merupakan jenis sayuran yang digemari setelah bayam dan kangkung (Haryanto dkk, 2006). Sawi caisim yaitu salah satu jenis sayuran dikenal pula sebagai caisim atau sawi bakso. Saat ini, sawi caisim dibudidayakan oleh petani dalam bentuk sawi caisim organik. Seiring dengan pekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah merambah di berbagai bidang termasuk bidang pertanian, maka persaingan akan produk hasil pertanian di masyarakat semakin tinggi. Tingkat persaingan produk pertanian dapat dilihat dari volume konsumsi masyarakat akan produk pertanian yang ada pada saat ini termasuk produk sawi caisim organik. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam hal pemasaran produk agar dapat memenangi persaingan pasar diantaranya atribut produk dan kepuasan konsumen untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen. Kurnia Kitri Ayu Farm merupakan usaha yang bergerak dalam usaha sayuran organik khususnya sasawi caisim organik. Beragamnya produk sawi caisim organik yang diproduksi oleh kompetitor lain memberikan berbagai pilihan bagi konsumen, hal ini menguji tingkat loyalitas konsumen terhadap produk sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm. Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi pelanggan mendorong Kurnia Kitri Ayu Farm untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Dari sekian produk sawi caisim organik yang ada di dalam pasar, konsumen biasanya menggunakan bahan pertimbangan seperti atribut produk untuk mengambil keputusan pembelian,yang nantinya akan timbul kepuasan terhadap produk sawi caisim organik tersebut. Faktor- faktor inilah yang menjadi hal terpenting suatu konsumen dapat loyal terhadap produk. Berdasarkan uraian tersebut maka melakukan penelitian dengan judul ” Pengaruh Atribut Produk dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Sawi Caisim ( Brassica juncea L ) Organik ( Studi Kasus di Usaha Tani Kurnia Kitri Ayu Farm Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Malang) ” . Tujuan dari penelitian ini adalah 1).me nganalisis pengaruh atribut produk terhadap loyalitas konsumen sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm. 2).m enganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm .3).menganalisis pengaruh atribut produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm Penelitian dilakukan pada Bulan April hingga Juli 2013. Penentuan lokasi penelitian Kurnia Kitri Ayu Farm dilakukan secara sengaja ( purposive ) dengan pertimbangan bahwa Kurnia Kitri Farm merupakan perusahaan yang memproduksi sayuran organik khususnya sawi caisim organik. Teknik penentuan responden dilakukan dengan menggunakan probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Responden yang digunakan dalam penelitian sebanyak 98 orang, cara menentukan banyaknya responden yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan rumus Slovin. Metode Analisis Data menggunakan analisis data deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan uji cochran Q test, uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi. Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan Uji F dan Uji T untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian.