Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Produk Carang Mas Rejeki (Studi Kasus Di UD. Rejeki Kabupaten Jombang)
Main Author: | Purwanto, AriniBudiarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/129752/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan sektor pertanian berbasis agribisnis dan agroindustri merupakan hal utama dalam pengembangan ekonomi sosial. Salah satu komoditas yang dikemukakan dalam usaha pengembangan agribisnis dan agroindustri adalah ubi jalar. Salah satu agroindustri pengolahan ubi jalar yaitu UD.Rejeki berupa carang mas Rejeki. Salah satu kiat yang diyakini oleh produsen untuk mendapatkan kepuasan konsumen dengan mempertimbangkan faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan karakteristik agroindustri produk Carang Mas Rejeki UD.Rejeki dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada produk Carang Mas Rejeki. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan mengenai karakteristik agroindustri produk Carang Mas Rejeki dan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada produk Carang Mas Rejeki. Analisis kuantitatif yang diolah menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS 16 Hasil dari penelitian yang pertama, karakteristik agroindusti Carang Mas Rejeki Produk olahan yang di produksi di UD. Rejeki adalah Carang Mas Rejeki. UD. Rejeki dalam satu bulan dapat menjual produk sebanyak 2400-4200/pack. UD. Rejeki masih menggunakan teknologi yang sederhana, tetapi produsen telah memiliki kemampuan manajerial yang baik dalam mengolah manajemen agroindustrinya. Hasil analisis yang kedua, perhitungan analisis yang menunjukkan nilai hubungan yang positif dan signifikan antara harga, kualitas produk dan kemudahan dengan kepuasan konsumen pada produk Carang Mas Rejeki. Nilai Fhitung 11.840 lebih besar Ftabel 2,427 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X1- X4 yaitu harga, kualitas produk, kemudahan dan emosi terhadap variabel Y yaitu kepuasan konsumen.