Analisis Cost Volume Profit Pada Usaha Pembenihan Ikan Lele (Clarias Sp.) Umkm “Basori” Di Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, Jawa Timur

Main Author: Wulandari, Iva Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/12961/
Daftar Isi:
  • Ikan lele merupakan salah satu ikan budidaya yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Ikan lele menempati urutan ketiga produksi tertinggi setelah ikan nila dan ikan bandeng. Sebagai satu ikan budidaya, permintaan benih lele terus meningkat, begitu pula dengan harganya. Dengan adanya peluang usaha tersebut maka usaha pembenihan ikan lele pada UMKM"Basori" perlu melakukan analisis dan perencanaan keuangan secara mendalam. Dengan demikian, usaha pembenihan ikan ini mengetahui secara terperinci volume penjualan yang harus dicapai agar mencapai titik impas (BEP) serta mengetahui strategi terbaik untuk memperkirakan penjualan yang dapat mencapai target laba yang diinginkan. Cost-Volume-Profit Analysis merupakan suatu alat analisis untuk mengetahui hubungan antara biaya, volume penjualan yang nantinya digunakan untuk mendukung perencanaan keuangan sebuah usaha dalam pengambilan keputusan manajerial. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui profil usaha pembenihan ikan lele UMKM "Basori"di desa maguan kecamatan ngajum kabupaten Malang, 2) Mengetahui dan menganalisis biaya, volume penjualan, dan laba pada usaha pembenihan ikan lele UMKM "Basori"di desa maguan kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, 3) Menganalisis peramalan terhadap biaya, volume penjualan dan laba pada usaha pembenihan ikan lele UMKM "Basori" periode berikutnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari - Maret 2018 di UMKM "Basori" Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Untuk analisis kualitatif yaitu meliputi: 1) Mengidentifikasi teknis dari proses pembenihan ikan lele, 2) Menganalisis kondisi penjualan, biaya-biaya produksi dan operasional usaha pembenihan ikan lele, 3) Menganalisis hasil peramalan terhadap volume penjualan, biaya dan laba usaha pembenihan ikan lele pada periode berikutnya. Sedangkan untuk analisis deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data peramalan terhadap penjualan, biaya dan laba dengan menggunakan analisis tren serta data Cost Volume Profit (CVP). Profil usaha pembenihan ikan lele UMKM Basori adalah tentang sejarah dan struktur organisasi. Perintis usaha pembenihan ikan lele adalah Bapak Basori dan untuk struktur organisasi usaha milik Bapak Basori masih belum ada, karena sifatnya masih informal. Pada saat ini usaha Bapak Basori sudah memiliki 32 kolam yang terdiri dari 6 kolam induk, 25 kolam untuk kolam pemijahan dan pendederan dan 1 kolam untuk kolam tandon air serta karyawan yang dimiliki sampai saat ini sebanyak 1 orang. Biaya operasional pada usaha pembenihan ikan lele UMKM Basori selama periode bulan Agustus 2016