Kajian Supply Chain Management :AnalisisRelationship Marketing Antara PT Sari Tani Indonesia Group Dengan Pemasok dan Pelanggannya (Studi Kasus ada Industri Penggilingan Beras PT Sari Tani Indonesia G
Daftar Isi:
- Salah Satu Industri Penggilingan Beras Di Jawa Timur Adalah PT Sari Tani Indonesia Group Yang Terletak Di Kabupaten Mojokerto. Perusahaan Ini Telah Berkembang Dengan Baik Hingga Saat Ini. PT Sari Tani Indonesia Group Memiliki Peluang Yang Baik Untuk Mengembangkan Usahanya Dengan Semakin Meningkatkannya Permintaan Beras Di Indonesia Khususnya Di Mojokerto, Jawa Timur. Tingginya Permintaan Beras Yang Semakin Lama Semakin Meningkat Membuat PT Sari Tani Indonesia Group Harus Bekerja Lebih Ekstra Untuk Memenuhi Permintaan Tersebut. Produksi Beras Yang Dimiliki PT Sari Tani Indonesia Group Yaitu Sekitar 1.000 – 2.000 Ton Perbulannya, Mengakibatkan Pemasok Akan Bekerja Lebih Keras Untuk Mendapatkan Bahan Baku Beras Yang Diminta Oleh PT Sari Tani Indonesia Group Yang Secara Otomatis Akan Dilanjutkan Kepada Pelanggan Yang Berperan Untuk Menyalurkan Beras Kepada Konsumen Akhir. Sehingga Dibutuhkan Supply Chain Managemet Yang Harus Dilakukan Dengan Baik Dan Relationship Marketing Yang Baik Antara Pemasok Dan Pelanggan Kepada PT Sari Tani Indonesia Group Ini. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah 1) Menganalisis Penerapan Supply Chain Management Di PT Sari Tani Indonesia Group. 2) Menganalisis Relationship Marketing Yang Terjadi Antara PT Sari Tani Indonesia Group Dengan Pemasok Dan Pelanggannya. Hipotesis Yang Diajukan Dalam Penelitian Ini Adalah 1) Diduga Penerapan Supply Chain Management Di PT Sari Tani Indonesia Group Masih Belum Terlaksana Dengan Baik. 2) Diduga Terdapat Adanya Keterikatan Hubungan (Relationship Marketing) Antara PT Sari Tani Indonesia Group Dengan Para Pemasok Dan Pelanggannya Yang Bernilai Rendah. Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif Kualitatif Yang Mendeksripsikan Tentang Relationship Marketing Antara PT Sari Tani Indonesia Group Dan Penerapan Supply Chain Management Pada PT Sari Tani Indonesia Group Yang Diperoleh Berdasarkan Jawaban Responden Melalui Kuisioner. Selain Itu, Analisis Deskripktif Kuantitatif Dalam Penelitian Ini Mendeskripsikan Data Melalui Tabulasi Data Dalam Bentuk Angka Yang Diperoleh Dari Menggunakan Kuisioner Tertutup Yang Telah Diberi Skor, Yang Mana Data Tersebut Nantinya Akan Dihitung Secara Statistik Dengan Microsoft Excel 2013 Hasil Penelitian Ini Adalah 1) Melalui Analisis Deskriptif Kualitatif Berdasarkan 6 Prinsip Dasar Supply Chain Management Dapat Diketahui Bahwa PT Sari Tani Indonesia Group Belum Melakukan Supply Chain Management Dengan Baik. Hal Ini Dikarenakan Penerapan Supply Chain Management Berdasarkan 6 Prinsip Dasar Masih Berada Dalam Tahap Pengembangandan Pengenalan Dengan Masih Terdapatnya Hal-Hal Yang Belum Dilakukan Dengan Baik Oleh PT Sari Tani Indonesia Group Serta Pemasok Dan Pelanggannya. 2) Melalui Analisis Deskriptif Kualitatif Dan Kuantitatif Bahwa Keterikatan Hubungan (Relationship Marketing)Antara PT Sari Tani Indonesia Group Dengan Pemasok Dan Pelanggannya Bernilai Tinggi. Nilai Yang Tinggi Didapatkan Dari Nilai Rata-Rata Pemasok Dan Pelanggan Yang Tergolong Dalam Pemasok Dan Pelanggan Lama. Sedangkan Nilai Rendah Didapatkan Dari Nilai Rata-Rata Pemasok Dan Pelanggan Yang Tergolong Dalam Pemasok Dan Pelanggan Baru. Saran Yang Dapat Diberikan Dalam Penelitian Ini Diantaranya 1) PT Sari Tani Indonesia Group Diharapkan Dapat Memelihara Dan Mengoptimalkan Jaringan Pemasaran Yang Lebih Dekat Agar Penerapan Prinsip-Prinsip Supply Chain Management Dapat Dilaksanakan Secara Lebih Baik. 2) PT Sari Tani Indonesia Group Diharapkan Dapat Mempertahankan Dan Memperluas Jaringan Pelanggan Yang Sudah Cukup Erat Hubungannya Dan Berpotensi Untuk Lebih Erat. 3) PT Sari Tani Indonesia Group Diharapkan Dapat Meresmikan Kerjasama Dengan Para Pemasok Dan Pelanggan Dalam Sebuah Kerjasama Yang Saling Mengikat Melalui Kontrak Kerja Yang Tertulis Sebagai Alat Untuk Mengontrol Atau Memantau Pemasok Dan Pelanggan Tersebut.