Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Beras Organik Di Kota Malang

Main Author: Syafii, SriWulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/129584/1/1._cover_dan_Ringkasan_-_daftar_lampiran.pdf
http://repository.ub.ac.id/129584/2/2._isi_skripsi_inti_%28bab_I_-_Lampiran%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/129584/
Daftar Isi:
  • Beras Organik merupakan beras yang dibudidayakan secara organik, bersifat ramah lingkungan dan hasil produksinya aman dikonsumsi oleh manusia. Permintaan akan beras organik diperkirakan meningkat sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan bagi tubuh dan lingkungan. Beras organik yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan lingkungan serta memiliki kualitas yang relatif lebih tinggi dari beras konvensional. Hal ini membuat harga beras organik lebih mahal dari beras konvensional. Selain itu, ketersediaan beras organik dan informasi yang terbatas mengenai beras organik membuat beras organik masih memiliki sedikit konsumen. Berdasarkan keunggulan dan kendala tersebut, maka dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras organik. Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras organik. 2) Mengestimasi harga yang bersedia dibayarkan oleh konsumen terhadap beras organik. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Giant Hypermart Malang Olympic Garden, Carrefour Market Mitra I, dan Hypermart Malang Town Square, Kota Malang. Hal ini dikarenakan swalayan tersebut menyediakan beras organik dan beras konvensional dengan stok display yang paling banyak dibandingkan swalayan lainnya di Kota Malang. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling yang bersifat accidental sampling dengan jumlah responden 100 orang, dengan rincian 55 orang yang kotinyu dalam pembelian beras organik dan 45 orang tidak kotinyu dalam pembelian beras organik. Metode pengumpulan data secara primer dan sekunder. Metode analisis data antara lain analisis Regresi Logistik dan analisis kesediaan membayar atau willingness to pay (WTP) dengan metode CV (Contingent Valuating Method). Hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras organik dengan analisis regresi logistic diperoleh, faktor yang berpengaruh terhadap pembelian beras organik antara lain harga, manfaat, kualitas, ketersediaan, dan pendapatan. Selanjutnya hasil analisis kesediaan membayar atau willingness to pay (WTP) konsumen yang tidak kontinyu dalam pembelian beras organik, diperoleh nilai rataan WTP sebesar Rp.15.250,00/Kg. saat ini harga beras organik berkisar antara Rp.20.000,00-Rp.24.000,00/Kg. Saran yang dapat diajukan dari hasil analisis ini adalah: 1) Harga sebaiknya diperhatikan dan disesuaikan dengan harga yang bersedia dibayarkan konsumen (WTP) agar beras organik mampu dijangkau semua kalangan konsumen. 2) Menginformasikan Manfaat dan Kualitas beras organik. 3) Menfasilitasi ketersediaan beras organik dan memperluas segmentasi beras organik agar dapat dikonsumsi semua kalangan konsumen. 4) Meneliti kesediaan membayar beras organik bagi konsumen yang belum mengkonsumsi beras organik.