Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional
Daftar Isi:
- Perdagangan Internasional Merupakan Hubungan Kegiatan Ekonomi Antar Negara Yang Diwujudkan Dengan Adanya Proses Pertukaran Barang Atau Jasa Atas Dasar Sukarela Dan Saling Menguntungkan. Perdagangan Internasional Biasanya Dilakukan Dengan Cara Ekspor Dan Impor. Secara Umum Produk Ekspor Dan Impor Dapat Dibedakan Menjadi Dua, Yaitu Barang Migas Dan Barang Non Migas. Tujuan Program Pengembangan Ekspor Di Indonesia Adalah Mendukung Upaya Peningkatan Daya Saing Global Produk Indonesia Serta Meningkatkan PerananEkspor Dalam Memacu Pertumbuhan Ekonomi. Pemerintah Melalui Kementrian Pertanian Periode 2010-2014 Menetapkan Beberapa Komoditas Perkebunan Sebagai Komoditas Unggulan Nasional Yang Menjadi Prioritas Untuk Dikembangkan Dalam Periode Pembangunan Pertanian Di Masa Yang Akan Datang. Salah Satu Komoditas Perkebunan Yang Termasuk Ke Dalam Komoditas Unggulan Nasional Adalah Teh. Pada Awalnya Indonesia Merupakan Negara Produsen Teh Pada Peringkat Ke 5 Di Dunia. Namun Pada Tahun 2011 Seiring Dengan Semakin Banyak Persaingan, Posisi Indonesia Sebagai Negara Produsen Teh Menurun Hingga Peringkat Ke 7 Di Dunia. Daya Saing Ekspor Suatu Komoditi Di Pasar Internasional Menggambarkan Tingkat Daya Saing Ekspor Di Pasar Internasional Dengan Melihat Besarnya Pangsa Pasar Di Dunia. Oleh Karena Itu Daya Saing Dapat Diukur Dan Persentase Penguasaan Pangsa Pasar Di Pasar Internasional, Dimana Hubungan Keduanya Adalah Positif. Oleh Karena Itu, Tujuan Penelitian Ini Adalah Melihat Posisi Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional Dan Menganalisis Faktorfaktor Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di PasarInternasional. Penelitian Ini Menggunakan Data Sekunder Time Series Mulai Dari Tahun 1986-2011 Dan Berbagai Sumber Data. Analisis Pangsa Pasar (Market Share) Digunakan Untuk Melihat Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Dengan Sepuluh Negara Eksportir Teh Di Dunia Sebagai Pembanding, Sedangkan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional Dianalisis Dengan Analisis Regresi Berganda. Faktor-Faktor Yang Diduga Sebagai Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional Didasarkan Pada Kekuatan Ekspor Yang Tergantung Pada Aspek Domestik (Luas Area Perkebunan Teh Di Indonesia, Jumlah Produktivitas Teh Di Indonesia, Konsumsi Domestik Teh) Dan Kekuatan Persaingan Dengan Negara Eksportir (Pangsa Pasar Ekspor Teh Argentina Dan Pangsa Pasar Eksportir Teh Vietnam). Hasil Analisis Menunjukan Posisi Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Menurun. Pada Tahun 2003 Dan 2010 Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia MasihBerada Pada Posisi Kelima Dan Keenam. Namun Pada Tahun 2011 Pangsa Pasar