Daftar Isi:
  • Banyaknya perusahaan rokok di Indonesia menunjukkan adanya persaingan usaha yang kompetitif. Salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk mempengaruhi pembelian adalah dengan memperhatikan sikap dan perilaku konsumen melalui penawaran atribut produk. Salah satu produk rokok unggulan milik PT Gudang Garam Tbk adalah rokok dengan merek Gudang Garam International. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis atribut produk apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian produk rokok Gudang Garam International. (2) Menganalisis atribut produk apa yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam pembelian produk rokok Gudang Garam International. (3) Menganalisis sikap konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian rokok Gudang Garam International berdasarkan atribut produk. (4) Menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian rokok Gudang Garam International berdasarkan atribut produk. Penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dan dengan metode Accidental Sampling, pada responden konsumen tetap, yang minimal memiliki pengetahuan ataupun pernah mengonsumsi produk rokok Gudang Garam International di Kelurahan Ketawanggede, Kota Malang yang berjumlah 55 responden. Metode analisis data yang digunakan antara lain: (1) uji Cochran Q test; (2) uji validitas; (3) uji reliabilitas; (4) analisis model sikap (multiciri atribut) dan maksud perilaku (Theory of Reasoned Action) dari Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Dari 11 atribut produk yang ditawarkan yang meliputi label, kemasan (pita cukai, desain), harga, merek, sifat produk (isi, aroma, rasa, ukuran, jenis, serta kandungan nikotin dan tar, terdapat 6 atribut yang relevan dipertimbangkan konsumen dalam pembelian produk rokok secara umum, khususnya rokok Gudang Garam International. Atribut produk tersebut yaitu harga, merek, isi, aroma, rasa, dan jenis rokok. (2) Atribut produk “rasa” adalah atribut yang paling dominan dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian rokok Gudang Garam International. (3) Sikap konsumen cenderung netral untuk membeli rokok Gudang Garam International. (4) Maksud perilaku konsumen cenderung ragu-ragu untuk membeli rokok Gudang Garam International.