Analisis Hubungan Promosi dan Sikap Konsumen dengan Volume Penjualan Tanaman Hias Anggrek (Studi Kasus Pada Handoyo Budi Orchid Malang)

Main Author: Sarinastiti, NoviaIrdiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/129509/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/129509/
Daftar Isi:
  • Tanaman hias anggrek merupakan tanaman potensial dan banyak diminati oleh konsumen pecinta tanaman hias. Tanaman anggrek memiliki keunikan yang dapat dilihat dari kekuatan faktor fisik seperti warna bunga, jenis bunga, bentuk bunga, warna daun, jumlah daun, bentuk daun, besar tanaman, dan bentuk batang. Hal ini akan menjadi daya tarik konsumen mengingat berbagai sikap konsumen yang berbeda dan cenderung berubah-ubah, dan tentunya akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, sebuah perusahaan dapat memperkenalkan produk jika dilakukan promosi yang efektif. Konsumen umumnya membuat keputusan-keputusan untuk membeli suatu produk atas dasar perasaan atau berdasarkan pengalaman, ditambah dengan keterangan-keterangan yang diperoleh dari pihak penjual atau pihak promosi. Hal ini menunjukkan bahwa sikap konsumen dapat berubah-ubah sehingga dapat berpengaruh pula pada pendapatan perusahaan. Tinggi rendahnya nilai penawaran ditentukan oleh jumlah permintaan konsumen. Oleh sebab itu, dirasa penting untuk melakukan penelitian tentanghubungan antara promosi dan sikap konsumen dengan volume penjualan tanaman hias anggrek dalam rangka mendapatkan masukan untuk meningkatkan pendapatan produsen dari penjualan tanaman hias anggrek. Masalah penelitian ini adalah: Sejauh mana promosi dan sikap konsumen mempengaruhi volume penjualan tanaman hias anggrek. Sehingga diharapkan dapat memberikan masukan untuk meningkatkan pendapatan atau keuntungan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan macam-macam promosi tanaman hias anggrek, (2) Mendeskripsikan omzet penjualan tanaman hias anggrek di daerah penelitian, (3)Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk tanaman hias anggrek,(4)Mendeskripsikan sikap konsumen terhadap tanaman hias anggrek di daerah penelitian, (5) Menganalisis hubungan sikap konsumen dengan volume penjualan tanaman hias anggrek, (6) Menganalisis hubungan antara promosi dengan volume penjualan tanaman hias anggrek. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Penelitian dilakukan di CV.Handoyo Budi Orchid Malang (HBO). Alasan pemilihan lokasi karena merupakan satu-satunya perusahaan di daerah penelitian yang melakukan pembibitan anggrek dalam botol hingga tahap anggrek berbunga. Penelitian dilakukan bulan Mei sampai Agustus 2012.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputianalisis Cochran Q Test, analisis sikap metode Fishbein, analisis korelasiRank Spearmandan analisis korelasi Product Moment.Analisis deskriptif yaitu dengan tabulasi silang data digunakan untuk mendeskripsikan tingkat promosi tanaman hias anggrek dan mendeskripsikan omzet penjualan tanaman hias anggrek. analisis sikap metode Fishbeindigunakan untuk mendeskripsikan sikap terhadap tanaman hias anggrek. Analsis Cochran Q Test digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap tanaman hias anggrek. Analisis Rank Spearman digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara sikap konsumen dengan volume penjualan. Sedangkan analisis Product Moment digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara prmosi dengan volume penjualan tanaman hias anggrek. Hasil analisis untuk menjawab tujuan pertama bahwa macam-macam promosi tanaman hias anggrek di daerah penelitian meliputipameran, pembagian kartu nama, penyebaran leaflet, dan melalui website. Semua jenis promosi ternyata dapat meningkatkan omzet penjualan. Omzet penjualan tertinggi di daerah penelitian yaitu pada bulan Oktober, sedangkan omzet penjualan terendah pada bulan Mei.Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap tanaman hias anggrek adalah harga (X1), lokasi (X2), pelayanan (X3), promosi (X4), ketersediaan (X5), pilihan (X6), warna bunga (X8), jenis bunga (X9), bentuk bunga (X10), warna daun (X11), besar tanaman (X14), dan bentuk batang (X15).Faktor-faktor tersebut dianggap penting oleh responden konsumen sehingga perlu dipertimbangkan guna menentukan sikap terhadap produk tanaman hias anggrek. Sikap konsumen tanaman hias anggrek yang bersikap baik sebesar 18 responden atau 24 persen dari 75 responden, artinya harga, lokasi, pelayanan, promosi, ketersediaan, pilihan, warna bunga, jenis bunga, bentuk bunga, warna daun, besar tanaman, dan bentuk batang sudah dianggap baik dan berpengaruh terhadap konsumen dalam pembelian tanaman hias anggrek. Terdapat hubungan yang kuat antara sikap konsumen dengan volume penjualan tanaman hias anggrek, artinya semakin baik sikap konsumen maka semakin besar pula volume penjualannya. Sedangkan penelitian keenam ada hubungan yang sangat kuat antara promosi dengan volume penjualan tanaman hias anggrek, artinya semakin tinggi promosi maka volume penjualan akan ikut meningkat. Saran dari penelitian ini adalah (1) Agar penjualan tanaman hias anggrek meningkat perlu dilakukan pembenahan strategi bauran promosi, diharapkan perusahaan mampu menetapkan target yang akan dicapai dan lebih mengintensifkan biaya yang digunakan untuk melakukan promosi perusahaan. (2) Selain melaksanakan bauran promosi yang efektif, perusahaan juga harus dapat menjaga hubungan yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak di luar perusahaan untuk membantu dari segi konsumen. (3) Selera konsumen selalu berubah-ubah setiap saat, maka dari itu perusahaan hendaknya selalu mengikuti perkembangan pasar, sehingga selera konsumen dapat diketahui dan produsen dapat memenuhinya. (4) Untuk penelitian selanjutnya diperlukan penelitian dengan jenis tanaman yang berbeda atau dua jenis tanaman yang berbeda sebagai pembandingdan dengan alat analisis yang berbeda, sehinga dapat diketahui tanaman apa yang lebih unggul yang diminati konsumen dengan faktor fisik dan nonfisik.