Analisis Peramalan dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Produk Sari Apel Pada Agroindustri CV. Bagus Agriseta Mandiri

Main Author: Widyantoro, Suhendar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/129505/1/Skripsi_Suhendar_W_%280810440281%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/129505/2/Ringkasan_Suhendar_W_%280810440281%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/129505/
Daftar Isi:
  • Agroindustri memiliki peran strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, perluasan kesempatan kerja, pemberdayaan sumberdaya dalam negeri, penambahan devisa negara dan memiliki keterkaitan yang besar baik ke hulu maupun hilir (forward and backward linkages), sehingga mampu menarik kemajuan sektor-sektor lainnya (Soekartawi, 2000). Selain itu agroindustri juga berperan dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat pedesaan hal ini karena sumberdaya yang dimanfaatkan adalah berasal dari dalam negeri. Salah satu komoditas pertanian yang telah ditingkatkan nilai kegunaannya sehingga memiliki nilai tambah lebih adalah buah apel. CV. Bagus Agriseta Mandiri merupakan salah satu agroindustri di Kota Batu. Agroindustri ini mengolah komoditas apel tersebut menjadi berbagai macam produk olahan. Produk olahan apel ini menjadi lebih tahan lama disimpan dibandingkan dengan buah segarnya, hal ini dikarenakan kadar air dalam buah apel tersebut rendah dan tidak lagi terjadi proses fisiologis seperti buah segarnya. Adanya karakteristik produk yang berbeda-beda tentunya akan menimbulkan permasalahan tersendiri di agroindustri CV. Bagus Agriseta Mandiri. Disamping itu dengan tidak seimbangnya volume penjualan dengan besarnya produksi yang dihasilkan oleh agroindustri tersebut Sebagai salah satu agroindustri apel di Kota Batu, agroindustri ini juga tidak terlepas dari permasalahan. Permasalahan yang saat ini dihadapi oleh agroindustri ini adalah terjadinya fluktuasi volume penjualan pada produk sari apel. Permasalahan tersebut dapat diminimalisir dengan cara peramalan volume penjualan. Hal ini dikarenakan volume penjualan merupakan salah satu faktor penentu yang sangat berpengaruh terhadap pencapaian laba bersih, sedangkan laba merupakan sarana yang penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Agroindustri ini berusaha meningkatkan volume penjualan produk dengan harapan memperbesar perolehan laba dengan demikian agroindustri berusaha untuk menciptakan penjualan yang menguntungkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dilakukan penelitian dalam rangka untuk mengetahui estimasi volume penjualan produk olahan apel pada agroindustri CV. Bagus Agriseta Mandiri di masa yang akan datang serta faktor yang mempengaruhi volume penjualannya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi agroindustri dalam rangka peningkatan pendapatan agroindustri serta dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1). meramalkan volume penjualan produk sari apel pada agroindustri apel CV. Bagus Agriseta Mandiri di tahun 2012-2013 serta 2) menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap volume penjualan produk sari apel di CV. Bagus Agriseta Mandiri. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dan ARIMA untuk meramalkan volume penjualannya. Hasil penelitian untuk peramalan Volume penjualan produk yang dapat dicapai oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri pada tahun 2012 semester 2 hingga tahun akhir 2013 diperkirakan volume penjualan produk sari apel akan stabil atau tidak berubah yakni menjadi 295.411,80 Liter, sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap volume penjualan pada produk sari apel di agroindustri CV. Bagus Agriseta Mandiri adalah faktor produksi. Saran untuk penelitian ini yaitu : 1) bagi perusahaan untuk meningkatkan jumlah sari apel sehingga dengan tercapainya penjualan yang diinginkan maka diharapkan dapat mempertahankan posisi perusahaan dalam persaingan dengan perusahaan agroindustri apel dan 2) untuk membuat kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan penjualan penjualan seperti merencanakan volume produksi yang akan datang, perencanaan kebutuhan bahan, rekruitmen tenaga kerja.pada agroindustri apel CV. Bagus Agriseta Mandiri, sehingga penjualan dan keuntungan perusahaan dapat terus meningkat seperti yang telah diperkirakan.