Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Organik (Studi Kasus Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Malang)
ctrlnum |
129375 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/129375/</relation><title>Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Organik (Studi Kasus Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Malang)</title><creator>Trisnaningsih, LumindiRoro</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Industri di bidang pertanian yang memproduksi pupuk organik banyak bermunculan sebagai dampak dari fenomena degradasi lahan pertanian. Sehingga persaingan antar produsen pupuk organik semakin meningkat. Hal ini menyebabkan manajemen perusahaan mendapatkan tantangan untuk berusaha secara kompetitif menghadapi pesaing. Strategi pemasaran dirancang oleh manajemen perusahaan untuk menghasilkan tingkat penjualan dan keuntungan. Salah satu faktor penting dalam pemasaran tersebut adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, place, promosi, people, process, dan physical efidence. PT. Pertani (Persero) merupakan salah satu produsen penghasil pupuk organik yang menggunakan bauran pemasaran dalam kegiatan pemasarannya. Melalui bauran pemasaran yang telah diterapkan, produsen dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pupuk organik. Sehingga perlu diadakan pengkajian tentang perilaku konsumen melalui varibel bauran pemasaran dan diharapkan volume penjualan pupuk organik dapat terus ditingkatkan. Untuk itu, pengkajian tentang perilaku konsumen sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan yang terjadi, maka perumusan masalah dalam penelitian ini: (1) bagaimana pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi, people, process, dan physical efidence terhadap keputusan pembelian pupuk organik, (2) bauran pemasaran manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pupuk organik. Tujuan penelitiannya adalah: (1) mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi, people, process, dan physical efidence terhadap keputusan pembelian pupuk organik, (2) mengetahui variabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pupuk organik. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan hipotesis: (1) diduga keputusan pembelian dipengaruhi oleh produk, harga, distribusi, promosi, people, process, dan physical efidence terhadap keputusan pembelian pupuk organik, (2) diduga variabel promosi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji F diperoleh F hitung sebesar 33,163. Sedangkan F tabel (6;35) pada taraf signifikansi 95 persen sebesar 2,371. Karena F hitung &gt; dari F tabel,(33,163&gt;2,371) maka H0 ditolak dan H1 terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi secara signifikan oleh variabel produk, harga, distribusi, promosi, people, dan process. Pada analisis uji t diperoleh t tabel pada taraf signifikansi 95 persen dan df:35 adalah 2,030. Sementara t hitung pada variabel X1 (2,037), X2 (4,326), X3 (2,679), X4 (2,945) &gt; dari t tabel maka dapat dinyatakan bahwa keputusan pembelian berpengaruh positf secara sigifikan pada taraf 95 persen. Sedangkan t hitung pada varibel X5 (-2.647) dan X6 (-3,134) &lt; t tabel maka dinyatakan bahwa keputusan pembelian berpengaruh negatif secara sigifikan pada taraf 95 persen. Variabel yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian adalah variabel harga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keputusan pembelian pupuk organik dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bauran pemasaran; produk, harga, distribusi, promosi, people dan process secara bersama-sama. Ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0,825, menyatakan 82,5 persen variabel keputusan pembelian dipengaruhi atau dapat dijelaskan oleh variabel bauran pemasaran, yaitu produk, harga, distribusi, promosi, people, dan process. Sedangkan sisanya sebesar 17,5 persen dijelaskan oleh faktor lain, (2) Variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen adalah variabel harga. Saran yang dapat diberikan adalah: (1) Variabel yang paling berpengaruh adalah variabel harga, sehingga perlu diadakannya inovasi produk, pemberian potongan harga pada konsumen yang membeli dalam jumlah banyak., (2) Untuk meningkatkan volume penjualan, hendaknya perusahaan menambah perantara kios mitra dalam pemasaran dan mengintensifkan program promosi dan pemberian bonus pada kios mitra baru yang bersedia menjual produk</description><date>2013-10-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/1/IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/2/II_%28Repaired%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/3/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/5/daftar_isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/5/I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/6/lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/7/LEMBAR_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/8/V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/129375/9/VI.pdf</identifier><identifier> Trisnaningsih, LumindiRoro (2013) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Organik (Studi Kasus Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2013/258/051309592</relation><recordID>129375</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Trisnaningsih, LumindiRoro |
title |
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Organik (Studi Kasus Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Malang) |
publishDate |
2013 |
topic |
338.1 Agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/129375/1/IV.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/2/II_%28Repaired%29.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/3/cover.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/5/daftar_isi.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/5/I.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/6/lampiran.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/7/LEMBAR_PENGESAHAN.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/8/V.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/9/VI.pdf http://repository.ub.ac.id/129375/ |
contents |
Industri di bidang pertanian yang memproduksi pupuk organik banyak bermunculan sebagai dampak dari fenomena degradasi lahan pertanian. Sehingga persaingan antar produsen pupuk organik semakin meningkat. Hal ini menyebabkan manajemen perusahaan mendapatkan tantangan untuk berusaha secara kompetitif menghadapi pesaing. Strategi pemasaran dirancang oleh manajemen perusahaan untuk menghasilkan tingkat penjualan dan keuntungan. Salah satu faktor penting dalam pemasaran tersebut adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, place, promosi, people, process, dan physical efidence. PT. Pertani (Persero) merupakan salah satu produsen penghasil pupuk organik yang menggunakan bauran pemasaran dalam kegiatan pemasarannya. Melalui bauran pemasaran yang telah diterapkan, produsen dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pupuk organik. Sehingga perlu diadakan pengkajian tentang perilaku konsumen melalui varibel bauran pemasaran dan diharapkan volume penjualan pupuk organik dapat terus ditingkatkan. Untuk itu, pengkajian tentang perilaku konsumen sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan yang terjadi, maka perumusan masalah dalam penelitian ini: (1) bagaimana pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi, people, process, dan physical efidence terhadap keputusan pembelian pupuk organik, (2) bauran pemasaran manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pupuk organik. Tujuan penelitiannya adalah: (1) mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi, people, process, dan physical efidence terhadap keputusan pembelian pupuk organik, (2) mengetahui variabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pupuk organik. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan hipotesis: (1) diduga keputusan pembelian dipengaruhi oleh produk, harga, distribusi, promosi, people, process, dan physical efidence terhadap keputusan pembelian pupuk organik, (2) diduga variabel promosi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji F diperoleh F hitung sebesar 33,163. Sedangkan F tabel (6;35) pada taraf signifikansi 95 persen sebesar 2,371. Karena F hitung > dari F tabel,(33,163>2,371) maka H0 ditolak dan H1 terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi secara signifikan oleh variabel produk, harga, distribusi, promosi, people, dan process. Pada analisis uji t diperoleh t tabel pada taraf signifikansi 95 persen dan df:35 adalah 2,030. Sementara t hitung pada variabel X1 (2,037), X2 (4,326), X3 (2,679), X4 (2,945) > dari t tabel maka dapat dinyatakan bahwa keputusan pembelian berpengaruh positf secara sigifikan pada taraf 95 persen. Sedangkan t hitung pada varibel X5 (-2.647) dan X6 (-3,134) < t tabel maka dinyatakan bahwa keputusan pembelian berpengaruh negatif secara sigifikan pada taraf 95 persen. Variabel yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian adalah variabel harga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keputusan pembelian pupuk organik dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bauran pemasaran; produk, harga, distribusi, promosi, people dan process secara bersama-sama. Ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0,825, menyatakan 82,5 persen variabel keputusan pembelian dipengaruhi atau dapat dijelaskan oleh variabel bauran pemasaran, yaitu produk, harga, distribusi, promosi, people, dan process. Sedangkan sisanya sebesar 17,5 persen dijelaskan oleh faktor lain, (2) Variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen adalah variabel harga. Saran yang dapat diberikan adalah: (1) Variabel yang paling berpengaruh adalah variabel harga, sehingga perlu diadakannya inovasi produk, pemberian potongan harga pada konsumen yang membeli dalam jumlah banyak., (2) Untuk meningkatkan volume penjualan, hendaknya perusahaan menambah perantara kios mitra dalam pemasaran dan mengintensifkan program promosi dan pemberian bonus pada kios mitra baru yang bersedia menjual produk |
id |
IOS4666.129375 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-25T02:03:23Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:18:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453835189026816 |
score |
17.538404 |