Daftar Isi:
  • Buah apel merupakan buah yang diminati oleh masyarakat baik dikonsumsi dalam bentuk segar maupun dalam bentuk olahan. Buah apel merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai tambah. Buah apel dapat diolah menjadi beberapa produk olahan salah satunya adalah sari apel. Keunikan yang dimiliki produk sari apel membuat produk tersebut banyak diminati oleh konsumen. Kota Batu memiliki salah satu komoditas unggulan yaitu buah apel. Saat ini Kota Batu menjadi sentra pengolahan buah apel. Meningkatnya permintaan produk sari apel menimbulkan bermunculan perusahaan pengolahan sari apel yang berdampak pada timbulnya persaingan. Agroindustri Adam’s Apple adalah salah satu agroindustri pengolahan sari apel yang berada di Kota Batu. Agroindustri ini terletak di tengah Kota Batu yaitu di Jalan Diponegoro 16. Agroindustri ini memiliki keunikan di dalam pemasarannya, dimana hanya terdapat satu outlet penjualan yang terpusat di tengah Kota Batu dan agen dari agroindustri yang tersebar di luar Kota Batu. Salah satu upaya Agroindustri Adam’s Apple dalam menghadapi persaingan adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu strategi pemasaran. Dengan adanya promosi yang tepat diharapkan konsumen lebih banyak mengetahui tentang produk yang dihasilkan dan mampu mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut. Pelaksanaan promosi tidak terlepas dari variabel-variabel yang dikenal sebagai bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan perusahaan memiliki tujuan untuk mendorong permintaan konsumen terhadap produk sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Penunjang kegiatan promosi adalah perusahaan harus menyediakan dan merencanakan biaya promosi tersendiri untuk mengenalkan produknya. Pengalokasikan biaya bauran promosi yang tepat dilakukan untuk menghindari pemborosan agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Dengan pengalokasian biaya promosi yang tepat diharapkan mampu mendorong peningkatan volume penjualan minuman sari apel dan berdampak pada peningkatan pendapatan yang diterima. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai “Analisis Pendapatan dan Pengaruh Biaya Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan Produk Sari Apel Adam’s Apple di Kota Batu.” .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis biaya, penerimaan dan pendapatan produk sari apel pada Agroindustri Adam’s Apple di Kota Batu; (2) menganalisis biaya promosi dan volume penjualan produk sari apel pada Agroindustri Adam’s Apple di Kota Batu; (3) menganalisis pengaruh biaya bauran promosi terhadap volume penjualan produk sari apel pada Agroindustri Adam’s Apple di Kota Batu. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) diduga produk sari apel “Adam’s Apple” memberikan keuntungan yang potensial sehingga layak untuk dikembangkan; (2) diduga bahwa biaya bauran promosi berpengaruh terhadap volume penjualan pada Agroindustri Adam’s Apple. Penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja pada Agroindustri Adam’s Apple di Jalan Diponegoro 16 Kota Batu dengan pertimbangan bahwa Agroindustri Adam’s Applemerupakan salah satu agroindustri pengolahan buah apel yang memiliki produk sari apel dan keunikan agroindustri Adam’s Apple dalam pemasaran produk karena hanya memiliki satu outlet penjualan di kota Batu.Penentuan responden dilakukan secara ctritical case sampling. Responden terdiri dari pimpinan, bagian administrasi dan pemasaran dariAgroindustriAdam’s Apple. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis biaya, penerimaan dan pendapatan serta analisis regresi linier berganda. Perhitungan biaya dalam penelitian ini menggunakan perhitungan tahunan. Hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan bahwa biaya total untuk memproduksi ketiga produk sari apel Adam’s Apple berbeda-beda, biaya total untuk sari apel kardus isi 18 adalah Rp 59.124.603, kardus isi 40 adalah Rp 88.658.188dan kardus isi 20 adalah Rp 92.892.433. Penerimaan produk sari apel kardus isi 18 adalah Rp 68.953.500, kardus isi 40 adalah Rp 127.459.500, kardus isi 20 adalah Rp 149.760.000. Pendapatan untuk produk sari apel kardus isi 18 adalah Rp 9.828.897, kardus isi 40 adalah Rp 38.801.312, dan kardus isi 20 adalah Rp 56.867.567. Keuntungan keseluruhan dari ketiga produk sari apel Adam’s Apple untuk satu tahun adalah Rp 105.497.775. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa biaya bauran promosi yang terdiri dari biaya periklanan, hubungan masyarakat dan promosi penjualan secara simultan (bersama – sama) terhadap volume penjualan. Biaya bauran promosi yang secara parsial (individu) memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan adalah biaya periklanan, hubungan masyarakat dan promosi penjualan.