Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Benih Bersertifikat Bintang Asia (Studi Kasus Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang)
Main Author: | Kusumasari, Ervina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/129289/1/skripsi_full.pdf http://repository.ub.ac.id/129289/ |
Daftar Isi:
- Dalam perkembangannya PT. Benih Citra Asia memiliki banyak kompetitor yang kompeten dan berkualitas dalam pengadaan benih. Untuk wilayah pemasaran Malang khususnya, banyak petani yang belum mengetahui tentang PT. Benih Citra Asia yang terkenal dengan nama dagang Bintang Asia. Hal ini dikarenakan perusahaan benih multinasional masih mendominasi pangsa pasar petani di wilayah Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Benih Citra Asia dan untuk menganalisis pengaruh persepsi produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian benih bersertifikat Bintang Asia oleh petani di Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja. Lokasi penelitian berada di Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Probability Sampling dengan metode penentuan sampling menggunakan Cluster Sampling. Penentuan responden diklasifikasikan secara acak berdasarkan pada penggunaan benih Bintang Asia. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah data primer, yang diambil langsung dari objek penelitian dengan menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini analisis kuantitatif yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis regresi logit. Jenis produk yang diproduksi oleh PT. Benih Citra Asia adalah benih hortikultura hasil dari pemuliaan tanaman sehingga mendapatkan keturunan yang jelas. Harga yang ditawarkan oleh PT. Benih Citra Asia bervariasi tergantung dari varietas benih dan apakah benih tersebut hibrida atau non hibrida. Untuk benih hibrida harganya lebih mahal dibandingkan dengan non hibrida karena dari segi kualitas benih hibrida jauh lebih baik. Pendistribusian produk kepada konsumen tidak dijual secara langsung namun melalui marketing yang menawarkannya ke toko-toko pertanian. Promosi yang dilakukan oleh PT. Benih Citra Asia yaitu penyuluhan, demo plot, farmer field day, study banding, regional expo, launching / relaunching, road show, expo nasional, dan dealer meeting. Dalam model ini variabel X3 (saluran distribusi) dan X4 (promosi) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian benih Bintang Asia sebesar 0,069 dan 0,015. Hal ini dikarenakan benih Bintang Asia mudah ditemukan di toko-toko pertanian yang ada di Malang Raya serta akses untuk mencapai ke toko pertanian terbilang mudah dan petani baik pengguna maupun non pengguna tertarik untuk melakukan pembelian benih Bintang Asia setelah melihat promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi yang dilakukan oleh perusahaan seperti personal selling, demo plot, pemberian sampel kepada petani dan contoh produk Bintang Asia yang ada di toko.