Analisis Kinerja Pemasaran Cabai Merah (Capsicum Annum, L.) di desa Gading Kulon, Kec. Junrejo, Kota Batu

Main Author: Dibie, DimasApriyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/129163/1/SKRIPSI_%28PDF%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/129163/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja pemasaran dapat meningkatkan pendapatan petani cabai merah di Desa Gading Kulon, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai Oktober 2011. Pengambilan sampel petani dilakukan secara sensus sedangkan untuk pengambilan sampel lembaga pemasaran dilakukan secara snowball sampling karena keberadaan dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel kinerja pemasaran (margin pemasaran, share harga petani, rasio keuntungan dan biaya, serta tingkat pengembalian modal) secara statistik memiliki hubungan yang nyata terhadap tingkat pendapatan petani pada taraf kepercayaan 99%. Ini artinya bahwa masing-masing variabel kinerja pemasaran memiliki kecenderungan yang kuat untuk mempengaruhi tingkat pendapatan petani.