Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Kinerja Jalan di Ruas Jalan Yos Sudarso Pada Kawasan Pasar Batu Kota Tarakan

Main Author: Ramadhan, Aditya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/12913/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan ekonomi di Kota Tarakan mendorong tumbuhnya pusat – pusat kegiatan di Kota Tarakan. Tingginya intesitas kegiatan menyebabkan tingginya pula pergerakan kendaraan di Jalan Utama Yos Sudarso. Hal ini ditunjukkan dengan kinerja ruas Jalan Utama Yos Sudarso berupa nilai derajat kejenuhan (DS) pada tahun 2015 pada jam sibuk dapat mencapai nilai 0,99 dan tingkat pelayanan mencapai nilai E. Seiring dengan menurunnya kinerja ruas Jalan Utama Yos Sudarso, perkembangan guna lahan di sepanjang ruas jalan utama dan meningkatnya volume kendaraan yang lewat tidak ditunjang dengan peningkatan kapasitas jaringan jalan maupun pengaturan guna lahan. Penggunaan badan jalan sebagai lahan parkir tidak hanya pada satu sisi bahkan menggunakan kedua sisi jalan, sehingga menyebabkan pengurangan lebar badan jalan dan mengakibatkan permasalahan lalu lintas. Kapasitas jalan Yos Sudarso berdasarkan analisis sebesar 1.147,6 smp/jam. Jalan Yos Sudarso sebagai jalan arteri primer memiliki lebar < 8 meter dibawah standard dan juga lebar efektif jalan yang minim mengakibatkan terjadinya pengurangan kapasitas jalan. Untuk kapasitas ruang parkir tertinggi adalah pada saat weekend dan terjadi pada segmen 1 dengan kapasitas tertinggi untuk motor sebesar 632 kendaraan/ jam sedangkan untuk mobil sebesar 72 kendaraan/ jam. Dari hasil analisis menunjukkan Volume parkir pada ruas Jalan Yos Sudarso mengalami kepadatan parkir pada saat weekend dibandingkan weekdays. Hal ini berbanding terbalik dengan kepadatan volume lalu lintas. Sedangkan untuk volume lalu lintas pada jalan Yos Sudarso mengalami kepadatan kendaraan pada saat weekdays dibandingkan saat weekend. Hal ini disebabkan saat weekdays lebih didominasi kendaraan motor dan mobil yang merupakan pergerakan lokal dengan aktivitas bekerja dan sekolah, sedangkan untuk weekend didominasi pergerakan kendaraan dengan tujuan aktivitas rekreasi, berbelanja sehingga mempengaruhi kegiatan parkir di Kawasan Pasar Batu. Indeks parkir pada saat weekday yang bermasalah atau dianggap tidak memiliki lahan parkir yang cukup untuk mobil terdapat pada segmen 2 yaitu sebesar 119% dan untuk segmen 3 juga pada jenis kendaraan mobil sebesar 307%.Sedangkan untuk weekend indeks parkir bermasalah pada segmen 3 untuk jenis kendaraan motor 141% dan mobil 255%. Untuk mengatasi permasalahan parkir serta mengoptimalkan kinerja jaringan jalan Yos Sudarso, maka dilakukan pembuatan skenario penataan parkir on street menjadi parkir off street; skenario pengalihan arus saat jam parkir padat serta pengalihan sudut parkir ruas Jalan Yos Sudarso.