Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Benih Jagung Hibrida Pada Pt Syngenta Indonesia Wilayah Pemasaran Jawa Timur

Main Author: Husna, Zaimatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/128932/1/RINGKASAN_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/128932/2/JURNAL.pdf
http://repository.ub.ac.id/128932/3/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/128932/
ctrlnum 128932
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/128932/</relation><title>Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Benih Jagung Hibrida Pada Pt Syngenta Indonesia Wilayah Pemasaran Jawa Timur</title><creator>Husna, Zaimatul</creator><subject>630 Agriculture and related technologies</subject><description>Jagung termasuk komoditas utama yang digunakan untuk kebutuhan: pangan/konsumsi langsung, benih, produk makanan olahan, dan juga industri pakan ternak. Permintaan akan jagung semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan berkembangnya industri pakan ternak dan industri pangan olahan berbahan baku jagung. Penggunaan benih jagung hibrida untuk meningkatkan produksi jagung baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kebutuhan benih jagung hibrida semakin meningkat karena semakin banyak petani yang menggunakan benih hibrida dalam usahatani, sehingga menjadi peluang bagi produsen benih jagung hibrida untuk mendirikan perusahaan baru. Semakin banyak perusahaan produsen benih jagung di Indonesia, maka persaingan antar perusahaan semakin ketat. Guna menghadapi persaingan tersebut, perusahaan menggunakan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran. Keberhasilan akan kegiatan bauran pemasaran dapat dilihat dari volume penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan benih jagung hibrida di PT Syngenta Indonesia sehingga diharapkan dapat menjadi masukan dan pertimbangan dalam perencanaan strategi bauran pemasaran di masa yang akan datang. Penelitian dilakukan di perusahaan benih jagung hibrida yaitu PT Syngenta Indonesia di wilayah pemasaran Jawa Timur. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Data yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda adalah jumlah merek yang dipasarkan, rata-rata harga jual produk, frekuensi distribusi, dan biaya promosi per triwulan di Jawa Timur dari tahun 2007-2011. Pada analisis regresi berganda dilakukan uji t, uji F, analisis koefisien determinasi, dan interpretasi nilai koefisien regresi. Hasil penelitian ini yaitu bauran pemasaran benih jagung hibrida yang dilakukan oleh PT Syngenta Indonesia di Jawa Timur berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Secara simultan, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Akan tetapi, secara parsial rata-rata harga jual dan frekuensi distribusi yang berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Rata-rata harga jual berpengaruh negatif terhadap volume penjualan, dengan kenaikan harga sebesar 1 persen dapat menurunkan volume penjualan sebesar 18 persen per triwulan. Sedangkan frekuensi distribusi berpengaruh positif terhadap volume penjualan, dengan frekuensi distribusi meningkat sebesar 1 persen dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 5 persen per triwulan. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan tidak menaikkan harga jual benih jagung hibrida dengan memperkecil komponen biaya yang dikeluarkan untuk promosi dan meningkatkan distribusi produk agar tidak mengalami kelangkaan di pasar yang menyebabkan harga jual ke petani menjadi tinggi.</description><date>2012-07-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128932/1/RINGKASAN_SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128932/2/JURNAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128932/3/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Husna, Zaimatul (2012) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Benih Jagung Hibrida Pada Pt Syngenta Indonesia Wilayah Pemasaran Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2012/139/051202925</relation><recordID>128932</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Husna, Zaimatul
title Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Benih Jagung Hibrida Pada Pt Syngenta Indonesia Wilayah Pemasaran Jawa Timur
publishDate 2012
topic 630 Agriculture and related technologies
url http://repository.ub.ac.id/128932/1/RINGKASAN_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/128932/2/JURNAL.pdf
http://repository.ub.ac.id/128932/3/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/128932/
contents Jagung termasuk komoditas utama yang digunakan untuk kebutuhan: pangan/konsumsi langsung, benih, produk makanan olahan, dan juga industri pakan ternak. Permintaan akan jagung semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan berkembangnya industri pakan ternak dan industri pangan olahan berbahan baku jagung. Penggunaan benih jagung hibrida untuk meningkatkan produksi jagung baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kebutuhan benih jagung hibrida semakin meningkat karena semakin banyak petani yang menggunakan benih hibrida dalam usahatani, sehingga menjadi peluang bagi produsen benih jagung hibrida untuk mendirikan perusahaan baru. Semakin banyak perusahaan produsen benih jagung di Indonesia, maka persaingan antar perusahaan semakin ketat. Guna menghadapi persaingan tersebut, perusahaan menggunakan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran. Keberhasilan akan kegiatan bauran pemasaran dapat dilihat dari volume penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan benih jagung hibrida di PT Syngenta Indonesia sehingga diharapkan dapat menjadi masukan dan pertimbangan dalam perencanaan strategi bauran pemasaran di masa yang akan datang. Penelitian dilakukan di perusahaan benih jagung hibrida yaitu PT Syngenta Indonesia di wilayah pemasaran Jawa Timur. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Data yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda adalah jumlah merek yang dipasarkan, rata-rata harga jual produk, frekuensi distribusi, dan biaya promosi per triwulan di Jawa Timur dari tahun 2007-2011. Pada analisis regresi berganda dilakukan uji t, uji F, analisis koefisien determinasi, dan interpretasi nilai koefisien regresi. Hasil penelitian ini yaitu bauran pemasaran benih jagung hibrida yang dilakukan oleh PT Syngenta Indonesia di Jawa Timur berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Secara simultan, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Akan tetapi, secara parsial rata-rata harga jual dan frekuensi distribusi yang berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Rata-rata harga jual berpengaruh negatif terhadap volume penjualan, dengan kenaikan harga sebesar 1 persen dapat menurunkan volume penjualan sebesar 18 persen per triwulan. Sedangkan frekuensi distribusi berpengaruh positif terhadap volume penjualan, dengan frekuensi distribusi meningkat sebesar 1 persen dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 5 persen per triwulan. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan tidak menaikkan harga jual benih jagung hibrida dengan memperkecil komponen biaya yang dikeluarkan untuk promosi dan meningkatkan distribusi produk agar tidak mengalami kelangkaan di pasar yang menyebabkan harga jual ke petani menjadi tinggi.
id IOS4666.128932
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:02:46Z
last_indexed 2021-10-28T07:18:25Z
recordtype dc
_version_ 1751455091828719616
score 17.538404