Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Produk Benih Jagung Manis Di Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto
Main Author: | Ghufron, Muhammad Narjul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/12866/1/MUHAMMAD%20NARJUL%20GHUFRON.pdf http://repository.ub.ac.id/12866/ |
Daftar Isi:
- Benih merupakan input yang paling utama dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman jagung manis. Kualitas benih yang baik memberikan banyak keuntungan bagi petani jagugng manis. Atribut produk benih jagung manis sebagai media perusahaan memberikan informasi kepada petani menajdi salah satu bagian yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesesuaian kualitas, prioritas peningkatan kinerja atribut produk benih jagung manis, serta tingkat kepuasan petani terhadap penggunaan benih jagung manis. Petani jagung manis di Kecamatan Dlanggu menggunakan benih jagung manis merek Talenta pada musim tanam terakhir. Petani juga pernah menanam benih jagung manis merek Master Sweet dan Sweet Boy. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan 3 merek benih jagung manis yaitu Talenta, Master Sweet, dan Sweet Boy. Penelitian ini menggunakan pengujian instrumen penelitian dengan Cochran’s Q Test. Berdasarkan 24 atribut produk yang ditetapkan sebelumnya, menghasilkan 11 atribut produk yang dipertimbangkan oleh petani. Hasil analisis data menggunakan model Importance Performance Analysis (IPA) menghasilkan 3 merek benih jagung manis memiliki persebaran atribut produk pada kuadran I dan kuadran II yang berbeda. Namun, produsen perlu meningkatkan kinerja atribut produk pada ketiga merek tersebut yaitu kuantitas hasil produksi yang berada pada kuadran I. Petani menilai hasil produksi ketiga merek belum memenuhi harapan petani. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data menggunakan Customer Satsfaction Index (CSI). Hasil dari perhitungan CSI menunjukkan bahwa benih jagung manis Talenta memberikan tingkat kepuasan sangat puas (84,41%). Benih jagung manis merek Master Sweet memberikan tingkat kepuasan puas (73,60%) dan merek Sweet Boy puas (78,94%). Produsen benih jagung manis pada ketiga merek tersebut perlu meningkatkan kinerja atribut produk, agar nilai CSI mencapai 100% atau bisa dikatakan memenuhi harapan petani.