Analisis Kesadaran Merek Berdasarkan Atribut Terpilih Produk Pupuk Bio Organik Merek “Pomi” Studi Kasus Pada Petani di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Main Author: Fikriah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/128549/1/051102027.pdf
http://repository.ub.ac.id/128549/
ctrlnum 128549
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/128549/</relation><title>Analisis Kesadaran Merek Berdasarkan Atribut Terpilih Produk Pupuk Bio Organik Merek &#x201C;Pomi&#x201D; : Studi Kasus Pada Petani di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu</title><creator>Fikriah</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Pertanian adalah proses menghasilkan bahan pangan, ternak, serta produk-produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya tumbuhan dan hewan. Dalam kegiatan menghasilkan produk pertanian, petani tidak lepas dari penggunaan pupuk yang terus meningkat sesuai dengan pertambahan luas areal pertanian, pertambahan penduduk, kenaikan tingkat intensifikasi serta makin beragamnya penggunaan pupuk sebagai usaha peningkatan hasil. Sampai akhirnya disadari ketergantungan pupuk kimia sangat merugikan petani, dosis pemakaian terus meningkat, harga pupuk terus naik dan terjadi kelangkaan (Anonymous, 2010). Berbeda dengan penggunaan pupuk organik yang tidak meninggalkan residu yang membahayakan bagi kehidupan. Aplikasi pupuk organik mampu memperkaya sekaligus mengembalikan ketersediaan unsur hara bagi tanah dan tumbuhan dengan aman (Anonymous, 2010). &#xD; Adanya pupuk bio organik merek "Pomi" yang di keluarkan oleh PT. Indo Acidatama Tbk maka menambah satu merek dagang pupuk organik. Dengan semakin banyaknya jumlah pesaing di pasar, meningkat pula ketajaman persaingan di antara merek-merek yang beredar di pasar dan hanya merek yang memiliki ekuitas merek yang kuat yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. Karena itu, pengetahuan tentang variabel-variabel ekuitas merek, salah satunya adalah kesadaran merek sangat diperlukan untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis atribut produk pupuk bio organik "Pomi" yang dipertimbangkan oleh konsumen; 2) Untuk menganalisis kesadaran merek berdasarkan atribut terpilih produk pupuk bio organik merek "Pomi". &#xD; Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja, yaitu di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Pengambilan data dilakukan dengan cara mewancarai dan menyebarkan kuesioner kepada petani di Dusun Junwatu. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, dimana penentuan responden dilakukan terhadap setiap element populasi yang ada yang pernah mengggunakan pupuk bio organik merek "Pomi". Dengan demikian responden dalam penelitian ini adalah populasi tersebut yang berjumlah 55 orang petani yang pernah menggunakan merek pupuk yang diteliti. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkatan kesadaran merek berdasarkan atribut terpilih dan evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan. &#xD; Hasil uji Cochran Q yang dilakukan terhadap 12 atribut produk menunjukkan bahwa hanya 10 atribut yang dipertimbangkan responden terhadap pupuk bio organik "Pomi". Atribut yang dipertimbangkan yaitu harga, mudah diucapkan, mudah diingat, kualitas, kadaluarsa, kandungan produk, bentuk kemasan, label, ketersediaan produk, dan jenis promosi. Selanjutnya analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek pupuk bio organik merek "Pomi" yang diukur berdasarkan atribut terpilih menempati posisi brand recall (pengingatan kembali terhadap merek) yaitu sebanyak sebanyak 38 orang responden (69%). Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran merek pupuk bio organik merek "Pomi" sudah cukup tinggi meskipun tidak menempati posisi teratas dalam piramida kesadaran merek. &#xD; Hasil evaluasi strategi pemasaran produk pupuk bio organik merek "Pomi" menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan sudah cukup baik. Strategi yang digunakan yaitu memperkenalkan "Pomi" dengan cara bersosialisasi langsung ke petani. Perusahaan menerapkan strategi terjun langsung ke lapang sehingga petani mengenal produknya. Strategi pemasaran ini sebaiknya dipertahankan dan ditingkatkan lagi intensitas promosinya agar petani terus menggunakan pupuk bio organik merek "Pomi".</description><date>2010-12-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128549/1/051102027.pdf</identifier><identifier> Fikriah (2010) Analisis Kesadaran Merek Berdasarkan Atribut Terpilih Produk Pupuk Bio Organik Merek &#x201C;Pomi&#x201D; : Studi Kasus Pada Petani di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2010/314/051102027</relation><recordID>128549</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fikriah
title Analisis Kesadaran Merek Berdasarkan Atribut Terpilih Produk Pupuk Bio Organik Merek “Pomi” : Studi Kasus Pada Petani di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu
title_sub Studi Kasus Pada Petani di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu
publishDate 2010
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/128549/1/051102027.pdf
http://repository.ub.ac.id/128549/
contents Pertanian adalah proses menghasilkan bahan pangan, ternak, serta produk-produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya tumbuhan dan hewan. Dalam kegiatan menghasilkan produk pertanian, petani tidak lepas dari penggunaan pupuk yang terus meningkat sesuai dengan pertambahan luas areal pertanian, pertambahan penduduk, kenaikan tingkat intensifikasi serta makin beragamnya penggunaan pupuk sebagai usaha peningkatan hasil. Sampai akhirnya disadari ketergantungan pupuk kimia sangat merugikan petani, dosis pemakaian terus meningkat, harga pupuk terus naik dan terjadi kelangkaan (Anonymous, 2010). Berbeda dengan penggunaan pupuk organik yang tidak meninggalkan residu yang membahayakan bagi kehidupan. Aplikasi pupuk organik mampu memperkaya sekaligus mengembalikan ketersediaan unsur hara bagi tanah dan tumbuhan dengan aman (Anonymous, 2010). Adanya pupuk bio organik merek "Pomi" yang di keluarkan oleh PT. Indo Acidatama Tbk maka menambah satu merek dagang pupuk organik. Dengan semakin banyaknya jumlah pesaing di pasar, meningkat pula ketajaman persaingan di antara merek-merek yang beredar di pasar dan hanya merek yang memiliki ekuitas merek yang kuat yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. Karena itu, pengetahuan tentang variabel-variabel ekuitas merek, salah satunya adalah kesadaran merek sangat diperlukan untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis atribut produk pupuk bio organik "Pomi" yang dipertimbangkan oleh konsumen; 2) Untuk menganalisis kesadaran merek berdasarkan atribut terpilih produk pupuk bio organik merek "Pomi". Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja, yaitu di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Pengambilan data dilakukan dengan cara mewancarai dan menyebarkan kuesioner kepada petani di Dusun Junwatu. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, dimana penentuan responden dilakukan terhadap setiap element populasi yang ada yang pernah mengggunakan pupuk bio organik merek "Pomi". Dengan demikian responden dalam penelitian ini adalah populasi tersebut yang berjumlah 55 orang petani yang pernah menggunakan merek pupuk yang diteliti. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkatan kesadaran merek berdasarkan atribut terpilih dan evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan. Hasil uji Cochran Q yang dilakukan terhadap 12 atribut produk menunjukkan bahwa hanya 10 atribut yang dipertimbangkan responden terhadap pupuk bio organik "Pomi". Atribut yang dipertimbangkan yaitu harga, mudah diucapkan, mudah diingat, kualitas, kadaluarsa, kandungan produk, bentuk kemasan, label, ketersediaan produk, dan jenis promosi. Selanjutnya analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek pupuk bio organik merek "Pomi" yang diukur berdasarkan atribut terpilih menempati posisi brand recall (pengingatan kembali terhadap merek) yaitu sebanyak sebanyak 38 orang responden (69%). Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran merek pupuk bio organik merek "Pomi" sudah cukup tinggi meskipun tidak menempati posisi teratas dalam piramida kesadaran merek. Hasil evaluasi strategi pemasaran produk pupuk bio organik merek "Pomi" menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan sudah cukup baik. Strategi yang digunakan yaitu memperkenalkan "Pomi" dengan cara bersosialisasi langsung ke petani. Perusahaan menerapkan strategi terjun langsung ke lapang sehingga petani mengenal produknya. Strategi pemasaran ini sebaiknya dipertahankan dan ditingkatkan lagi intensitas promosinya agar petani terus menggunakan pupuk bio organik merek "Pomi".
id IOS4666.128549
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:02:16Z
last_indexed 2021-10-28T07:18:03Z
recordtype dc
_version_ 1751454321660133376
score 17.538404