Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek “Pomi” Studi Kasus Di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Main Author: PalupiPermataRahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/128540/1/051100307.pdf
http://repository.ub.ac.id/128540/
ctrlnum 128540
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/128540/</relation><title>Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek &#x201C;Pomi&#x201D; : Studi Kasus Di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu</title><creator>PalupiPermataRahmi</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat saat ini perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal, termasuk berusaha menciptakan atau melakukan rekayasa yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen, misalnya melalui citra merek produknya. Pada saat ini, pelanggan atau konsumen tidak hanya melihat sesuatu produk dari harga dan kualitas, tetapi juga melihat dari brand image yang melekat pada produk yang dikonsumsi. &#xD; Menurut Low dan Lamb Jr (2000) citra merek adalah persepsi tentang suatu merek sebagai refleksi asosiasi merek yang terbentuk dalam ingatan konsumen. Keunggulan persaingan yang didasarkan pada fungsi merek dapat menghasilkan citra merek yang positif serta menciptakan keunggulan kinerja dan profitabilitas perusahaan, laba jangka panjang dan potensi pertumbuhan (Del Rio et al, 2001). Untuk mencapai hasil tersebut, menurut Keller (1993) strategi yang efektif untuk menciptakan asosiasi merek yang kuat adalah dengan memadukan bauran komunikasi (promosi), yaitu dengan periklanan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung dan kemasan yang didesain secara khusus. &#xD; Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini difokuskan pada brand image pupuk Bio Organik merek &#x201C;Pomi&#x201D;, dengan menganalisis brand image atau citra merek pupuk Bio Organik merek &#x201C;Pomi&#x201D; tersebut di mata petani sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan eksistensi merek yang digunakan untuk langkah strategis pemasaran bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk dilaksanakan penelitian mengenai &#x201D;Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek &#x201D;Pomi&#x201D; yang dilakukan di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. &#xD; Tujuan penelitian ini antara lain untuk menganalisis brand image petani terhadap pupuk Bio Organik merek &#x201C;Pomi&#x201D; berdasarkan variabel &#x2013; variabel brand image yaitu strength, uniqueness and favourable, mendeskripsikan atribut-atribut dari brand image apa saja yang dipertimbangkan petani dalam membeli dan menggunakan pupuk Bio Organik merek `Pomi`, dan yang terahkir, untuk mendeskripsikan evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan tersebut. &#xD; Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jumlah sampel responden sebanyak 55 petani. Penentuan jumlah sampel diperoleh dengan pendekatan Malhotra, yaitu jumlah sampel yang diambil adalah 4 / 5 kali variabel yang digunakan dalam penelitian. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 11, yaitu. &#xD; Adapun atribut dari variabel strength adalah Pengalaman, Harga, Kualitas, Rekomendasi perorangan, Iklan. Atribut untuk variabel uniqueness adalah variasi layanan, variasi Harga, diferensiasi penampilan fisik produk, dan atribut dari variabel favorable yaitu kemudahan merek untuk diucapkan, kemampuan merek untuk mudah diingat, kesesuaian kesan merek pada benak konsumen. Variabel yang diukur adalah strength uniqueness, favorable. Variabel tersebut diukur dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala Likert. Selanjutnya dilakukan Uji Mean (rata-rata). Sebelumnya, instrument penelitian tersebut dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur tingkat kesahihan dan keandalan instrumen. &#xD; Dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas, keseluruhan item baik variabel maupun atribut dinyatakan valid dan reliabel. Analisis brand image didasarkan atas 3 variabel yaitu Variabel strength, nilai rata-rata (mean) keseluruhan untuk variabel strength adalah 4,26. Variabel uniqueness, nilai ratarata (mean) keseluruhan untuk variabel uniqueness adalah 4,11. Variabel favorable, nilai rata-rata (mean) keseluruhan untuk variabel favorable adalah 4,25. Secara keseluruhan nilai rata-rata (mean) berdasarkan variabel brand image (strenght, uniqueness, dan favorable) pupuk Bio Organik merek &#x201C;Pomi&#x201D; adalah 4,21. Nilai rata-rata (mean) ini menunjukkan positifnya brand image, karena nilai rata-rata (mean) in lebih dari 3, maka dianggap brand image petani terhadap pupuk Bio Organik merek &#x201C;Pomi&#x201D; adalah positif.</description><date>2011-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128540/1/051100307.pdf</identifier><identifier> PalupiPermataRahmi (2011) Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek &#x201C;Pomi&#x201D; : Studi Kasus Di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2010/306/051100307</relation><recordID>128540</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PalupiPermataRahmi
title Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek “Pomi” : Studi Kasus Di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu
title_sub Studi Kasus Di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu
publishDate 2011
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/128540/1/051100307.pdf
http://repository.ub.ac.id/128540/
contents Dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat saat ini perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal, termasuk berusaha menciptakan atau melakukan rekayasa yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen, misalnya melalui citra merek produknya. Pada saat ini, pelanggan atau konsumen tidak hanya melihat sesuatu produk dari harga dan kualitas, tetapi juga melihat dari brand image yang melekat pada produk yang dikonsumsi. Menurut Low dan Lamb Jr (2000) citra merek adalah persepsi tentang suatu merek sebagai refleksi asosiasi merek yang terbentuk dalam ingatan konsumen. Keunggulan persaingan yang didasarkan pada fungsi merek dapat menghasilkan citra merek yang positif serta menciptakan keunggulan kinerja dan profitabilitas perusahaan, laba jangka panjang dan potensi pertumbuhan (Del Rio et al, 2001). Untuk mencapai hasil tersebut, menurut Keller (1993) strategi yang efektif untuk menciptakan asosiasi merek yang kuat adalah dengan memadukan bauran komunikasi (promosi), yaitu dengan periklanan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung dan kemasan yang didesain secara khusus. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini difokuskan pada brand image pupuk Bio Organik merek “Pomi”, dengan menganalisis brand image atau citra merek pupuk Bio Organik merek “Pomi” tersebut di mata petani sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan eksistensi merek yang digunakan untuk langkah strategis pemasaran bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk dilaksanakan penelitian mengenai ”Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek ”Pomi” yang dilakukan di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Tujuan penelitian ini antara lain untuk menganalisis brand image petani terhadap pupuk Bio Organik merek “Pomi” berdasarkan variabel – variabel brand image yaitu strength, uniqueness and favourable, mendeskripsikan atribut-atribut dari brand image apa saja yang dipertimbangkan petani dalam membeli dan menggunakan pupuk Bio Organik merek `Pomi`, dan yang terahkir, untuk mendeskripsikan evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan tersebut. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jumlah sampel responden sebanyak 55 petani. Penentuan jumlah sampel diperoleh dengan pendekatan Malhotra, yaitu jumlah sampel yang diambil adalah 4 / 5 kali variabel yang digunakan dalam penelitian. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 11, yaitu. Adapun atribut dari variabel strength adalah Pengalaman, Harga, Kualitas, Rekomendasi perorangan, Iklan. Atribut untuk variabel uniqueness adalah variasi layanan, variasi Harga, diferensiasi penampilan fisik produk, dan atribut dari variabel favorable yaitu kemudahan merek untuk diucapkan, kemampuan merek untuk mudah diingat, kesesuaian kesan merek pada benak konsumen. Variabel yang diukur adalah strength uniqueness, favorable. Variabel tersebut diukur dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala Likert. Selanjutnya dilakukan Uji Mean (rata-rata). Sebelumnya, instrument penelitian tersebut dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur tingkat kesahihan dan keandalan instrumen. Dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas, keseluruhan item baik variabel maupun atribut dinyatakan valid dan reliabel. Analisis brand image didasarkan atas 3 variabel yaitu Variabel strength, nilai rata-rata (mean) keseluruhan untuk variabel strength adalah 4,26. Variabel uniqueness, nilai ratarata (mean) keseluruhan untuk variabel uniqueness adalah 4,11. Variabel favorable, nilai rata-rata (mean) keseluruhan untuk variabel favorable adalah 4,25. Secara keseluruhan nilai rata-rata (mean) berdasarkan variabel brand image (strenght, uniqueness, dan favorable) pupuk Bio Organik merek “Pomi” adalah 4,21. Nilai rata-rata (mean) ini menunjukkan positifnya brand image, karena nilai rata-rata (mean) in lebih dari 3, maka dianggap brand image petani terhadap pupuk Bio Organik merek “Pomi” adalah positif.
id IOS4666.128540
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:02:16Z
last_indexed 2021-10-28T07:18:03Z
recordtype dc
_version_ 1751454323745751040
score 17.538404