Analisis Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Keputusan Pembelian SariMurni Teh Kantong Bundar Studi Kasus di Giant Hipermarket Mall Olympic Garden Kota Malang
Main Author: | LenaOktaviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/128524/1/051100159.pdf http://repository.ub.ac.id/128524/ |
Daftar Isi:
- Sektor pertanian merupakan sektor penting di Indonesia terutama subsektor perkebunan. Komoditi perkebunan yang menjadi andalan Indonesia antara lain adalah teh. Teh menduduki peringkat ke enam di Indonesia setelah karet, kopra, kopi, kakao dan lada (BPS, 2006). Pada tahun 2009 total produksi teh Indonesia mencapai 165 ribu ton atau 5,24 persen dari total produksi teh dunia yang mencapai 3.150.480 ton. Berdasarkan data survei sosial ekonomi nasional konsumsi teh dalam negeri 0,8 kg perkapita pertahun lebih rendah dibandingkan konsumsi minum teh untuk Negara Jepang, Eropa dan Amerika cukup tinggi, yaitu sekitar 2,3-3 kg perkapita pertahun. Walaupun konsumsi minum teh perkapita Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara tersebut, namun konsumsi minum teh perkapita tersebut terus meningkat yang tidak terlepas dari pengembangan produk baru teh yang berbentuk teh celup. Hal ini mengakibatkan banyak perusahaan mendiversifikasi produk tehnya. Tingkat persaingan ini tentunya menyebabkan timbulnya berbagai merek teh di pasaran salah satunya yaitu SariMurni Teh Kantong Bundar dengan inovasi terbaru produk teh. Karena produk tersebut masih terbilang baru, maka diperlukan strategi dari pemasar untuk memperkenalkan produknya dan sasaran utamanya adalah konsumen yang memegang peran penting dalam menentukan sikap mereka terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menganalisis sikap konsumen Giant Hipermarket Mall Olympic Garden Kota Malang terhadap keputusan pembelian pada produk SariMurni Teh Kantong Bundar. (2) Menganalisis pengaruh norma subjektif perilaku konsumen Giant Hipermarket Mall Olympic Garden Kota Malang terhadap keputusan pembelian pada produk SariMurni Teh Kantong Bundar. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Giant Hipermarket Mall Olympic Garden Kota Malang, Jawa Timur. Metode penentuan responden adalah accidental sampling dengan metode penentuan banyak sampel yang diambil didasarkan pada teknik Malhotra yakni jumlah sampel adalah 4 atau 5 kali variabel yang dianalisis sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Analisis data secara deskriptif berisi deskripsi karakteristik responden serta bagaimana sikap konsumen terhadap produk SariMurni Teh Kantong Bundar dengan menggunakan metode tabulasi sederhana berdasarkan metode Multiciri Fishbein dan Theory of Reasoned Action. Metode secara kuantitatif menggunakan analisis untuk uji asosiasi dengan metode Cochran Q test, uji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis Model Sikap dan Perilaku menggunakan metode Multiciri Fishbein dan Theory of Reasoned Action. Hasil uji Cochran atribut yang ditawarkan ternyata dari kesepuluh atribut tersebut semuanya dipertimbangkan oleh konsumen yaitu harga, rasa, aroma teh, kenampakan warna teh, desain kemasan, kantong pengemas teh, merek, ketersedian produk, kadaluarsa, dan label. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa untuk variabel kepercayaan (bi) dan evaluasi (ei) hampir semua butir pertanyaan valid. Sehingga kemudian dapat digunakan dalam pengambilan data sebagai bahan analisis penelitian sikap berdasarkan Multiciri Fishbein. Untuk variabel keyakinan normatif (NBj) dan motivasi (MCj) semua pertanyaan dinyatakan valid. Uji Reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh data yang dikumpulkan dari hasil kuisioner adalah reliabel. Berdasarkan Model Sikap Multiciri Fishbein, rata-rata sikap responden terhadap produk SariMurni Teh Kantong Bundar adalah netral yang menunjukkan bahwa kesadaran konsumen atas atribut produk tidak tergolong tinggi ataupun rendah. Berdasarkan Model Theory of Reasoned Action, menunjukkan bahwa distribusi responden terbanyak pada produk SariMurni Teh kantong Bundar adalah pada kelompok sikap maksud perilaku “Ragu-ragu Untuk Membeli” yakni sebanyak 30 responden atau sebesar 50% dari total responden, sedangkan distribusi responden terkecil adalah pada kelompok maksud perilaku “Bermaksud Untuk membeli” yakni sebanyak 13 orang atau sebesar 21,7% dari total responden. Berdasarkan kedua metode tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap positif tidak selalu diikuti dengan tindakan membeli, begitu juga sebaliknya tidak semua sikap negatif selalu diikuti dengan penolakan terhadap suatu produk. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam mengambil keputusan pembelian responden tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internalnya (sikap) tetapi juga dipengaruhi oleh faktor eksternal diluar produk tersebut yaitu norma subjektif. Dari hasil penelitian, secara keseluruhan rata-rata norma subjektif mempengaruhi perilaku konsumen Giant Hipermarket Mall Olympic Garden terhadap keputusan pembelian pada produk SariMurni Teh Kantong Bundar. Namun, dari hasil perhitungan didapatkan bahwa nilai W1 adalah sebesar 0,52 sedangkan nilai W2 adalah sebesar 0,48. Hal ini berarti kecenderungan sikap maksud perilaku membeli ataupun mengkonsumsi produk SariMurni Teh Kantong Bundar pada keseluruhan responden adalah lebih dikarenakan faktor kepercayaan (bi) dan evaluasi (ei) responden (sikap terhadap perilaku atau AB) dibandingkan pengaruh orang lain (norma subjektif atau SN). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan bagi perusahaan teh untuk memberikan perhatian lebih pada peningkatan kualitas atribut produk yang dipentingkan konsumen dan bagi pihak pemasar untuk meningkatkan kualitas promosi dengan melalui pendekatan pada keluarga karena keluarga memilki pengaruh yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan lebih mengulas mengenai sikap dan norma subjektif baik untuk atribut yang dipertimbangkan maupun faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada produk lainnya, tidak terbatas pada penelitian ini saja.