Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Bunga Krisan (Chrysanthemum) Studi kasus pada Inggu Laut di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Main Author: AnitaDewiK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/128504/1/051003918.pdf
http://repository.ub.ac.id/128504/
ctrlnum 128504
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/128504/</relation><title>Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Bunga Krisan (Chrysanthemum) : Studi kasus pada Inggu Laut di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu</title><creator>AnitaDewiK</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Berkaitan dengan kegiatan pemasaran bunga potong krisan yang dilakukan PT Inggu Laut Abadi, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu adanya persaingan dengan perusahaan sejenis serta sifat bunga krisan yang mudah rusak. Keberhasilan PT. Inggu Laut Abadi dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dapat ditinjau dari penerapan strategi bauran pemasarannya dan seberapa besar peranan strategi bauran pemasaran dalam mempengaruhi volume penjualan. Sehubungan dengan volume penjualan bunga potong krisan, maka diperlukan analisis terhadap lingkungan perusahaan meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Selanjutnya dapat dirumuskan suatu strategi dengan cara meminimalkan kendala atau kelemahan dan memaksimalkan kekuatan serta peluang yang ada. &#xD; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menganalisis pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap volume penjualan bunga krisan di PT. Inggu Laut Abadi, (2) Merumuskan strategi yang tepat bagi PT. Inggu Laut Abadi untuk meningkatkan volume penjualan bunga krisan dan (3) Merumuskan strategi pengembangan bisnis yang tepat untuk diimplementasikan pada PT. Inggu Laut Abadi. &#xD; Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Diduga variabel ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi dan biaya distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan bunga potong krisan dan (2) Diduga bahwa strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk pada PT. Inggu Laut Abadi dapat meningkatkan volume penjualan bunga potong krisan. &#xD; Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja, pada PT. Inggu Laut Abadi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengingat perusahaan ini merupakan salah satu produsen bunga potong krisan yang melakukan budidaya dan pemasarannya sendiri. Penentuan responden dalam penelitian menggunakan metode purposive yaitu hanya PT. Inggu Laut Abadi untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan yang dilihat dari sisi produsen. &#xD; Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 12222,538+ 0,886 X1 - 1,276 X2 - 0,842 X3 + 0,054 X4, dari hasil tersebut maka strategi produk (ketersediaan produk) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan bunga potong krisan. Sedangkan tingkat harga, biaya promosi dan biaya distribusi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap volume penjualan. Secara parsial jika ketersediaan produk dinaikkan 1 ikat, maka volume penjualan akan meningkat sebesar 0,886 ikat. &#xD; Berdasarkan analisis matrik I-E, analisis Grand Strategy, analisis matrik SWOT telah diperoleh beberapa alternatif strategi bisnis yang dapat digunakan yaitu: (1) Peningkatan produktivitas karyawan dengan memberikan intensif apabila dapat memenuhi target yang diberikan perusahaan serta meningkatkan kemitraan dengan petani, (2) Meningkatkan penjualan langsung kepada konsumen disamping memanfaatkan saluran distribusi untuk menjangkau daerah pemasaran baru yang didukung dengan pengefektifan kegiatan promosi perusahaan dan (3) Pemenuhan jaminan kualitas, kontinuitas, ketepatan waktu maupun harga produk dalam upaya pemenuhan kebutuhan konsumen dan daya saing produk. Dari pelaksanaan analisis QSPM yang menunjukkan bahwa strategi yang paling didahulukan untuk digunakan oleh perusahaan dalam melaksanakan bisnisnya adalah peningkatan produktivitas karyawan dengan memberikan intensif apabila dapat memenuhi target yang diberikan perusahaan serta meningkatkan kemitraan dengan petani.</description><date>2010-11-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128504/1/051003918.pdf</identifier><identifier> AnitaDewiK (2010) Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Bunga Krisan (Chrysanthemum) : Studi kasus pada Inggu Laut di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2010/273/051003918</relation><recordID>128504</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AnitaDewiK
title Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Bunga Krisan (Chrysanthemum) : Studi kasus pada Inggu Laut di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
title_sub Studi kasus pada Inggu Laut di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
publishDate 2010
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/128504/1/051003918.pdf
http://repository.ub.ac.id/128504/
contents Berkaitan dengan kegiatan pemasaran bunga potong krisan yang dilakukan PT Inggu Laut Abadi, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu adanya persaingan dengan perusahaan sejenis serta sifat bunga krisan yang mudah rusak. Keberhasilan PT. Inggu Laut Abadi dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dapat ditinjau dari penerapan strategi bauran pemasarannya dan seberapa besar peranan strategi bauran pemasaran dalam mempengaruhi volume penjualan. Sehubungan dengan volume penjualan bunga potong krisan, maka diperlukan analisis terhadap lingkungan perusahaan meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Selanjutnya dapat dirumuskan suatu strategi dengan cara meminimalkan kendala atau kelemahan dan memaksimalkan kekuatan serta peluang yang ada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menganalisis pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap volume penjualan bunga krisan di PT. Inggu Laut Abadi, (2) Merumuskan strategi yang tepat bagi PT. Inggu Laut Abadi untuk meningkatkan volume penjualan bunga krisan dan (3) Merumuskan strategi pengembangan bisnis yang tepat untuk diimplementasikan pada PT. Inggu Laut Abadi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Diduga variabel ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi dan biaya distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan bunga potong krisan dan (2) Diduga bahwa strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk pada PT. Inggu Laut Abadi dapat meningkatkan volume penjualan bunga potong krisan. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja, pada PT. Inggu Laut Abadi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengingat perusahaan ini merupakan salah satu produsen bunga potong krisan yang melakukan budidaya dan pemasarannya sendiri. Penentuan responden dalam penelitian menggunakan metode purposive yaitu hanya PT. Inggu Laut Abadi untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan yang dilihat dari sisi produsen. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 12222,538+ 0,886 X1 - 1,276 X2 - 0,842 X3 + 0,054 X4, dari hasil tersebut maka strategi produk (ketersediaan produk) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan bunga potong krisan. Sedangkan tingkat harga, biaya promosi dan biaya distribusi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap volume penjualan. Secara parsial jika ketersediaan produk dinaikkan 1 ikat, maka volume penjualan akan meningkat sebesar 0,886 ikat. Berdasarkan analisis matrik I-E, analisis Grand Strategy, analisis matrik SWOT telah diperoleh beberapa alternatif strategi bisnis yang dapat digunakan yaitu: (1) Peningkatan produktivitas karyawan dengan memberikan intensif apabila dapat memenuhi target yang diberikan perusahaan serta meningkatkan kemitraan dengan petani, (2) Meningkatkan penjualan langsung kepada konsumen disamping memanfaatkan saluran distribusi untuk menjangkau daerah pemasaran baru yang didukung dengan pengefektifan kegiatan promosi perusahaan dan (3) Pemenuhan jaminan kualitas, kontinuitas, ketepatan waktu maupun harga produk dalam upaya pemenuhan kebutuhan konsumen dan daya saing produk. Dari pelaksanaan analisis QSPM yang menunjukkan bahwa strategi yang paling didahulukan untuk digunakan oleh perusahaan dalam melaksanakan bisnisnya adalah peningkatan produktivitas karyawan dengan memberikan intensif apabila dapat memenuhi target yang diberikan perusahaan serta meningkatkan kemitraan dengan petani.
id IOS4666.128504
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:02:16Z
last_indexed 2021-10-28T07:18:03Z
recordtype dc
_version_ 1751455092981104640
score 17.538404