Analisis Efisiensi Pemasaran Durian (Durio Ziberthinus Murr.) di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang

Main Author: EkoPrasetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/128415/1/051000282.pdf
http://repository.ub.ac.id/128415/
ctrlnum 128415
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/128415/</relation><title>Analisis Efisiensi Pemasaran Durian (Durio Ziberthinus Murr.) di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang</title><creator>EkoPrasetyo</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Indonesia sejak dahulu telah dikenal sebagai Negara agraris. Pembangunan di sector pertanian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan, yang diiringi dengan upaya peningkatan ekspor sekaligus mengurangi impor hasil pertanian. Namun, dewasa ini sasaran pembangunan pertanian tidak saja dititikberatkan pada peningkatan produksi, namun mengarah pada peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan taraf hidup petani, perluasan lapangan kerja bahkan jika memungkinkan juga bertujuan untuk memperluas pasar produk pertanian baik di dalam maupun di luar negeri. &#xD; Salah satu peran penting sektor pertanian yaitu sebagai sumber devisa negara yang antara lain diperoleh dari hasil tanaman hortikultura. Buah-buahan menjadi pilihan utama karena selain dapat menciptakan lingkungan yang hijau dan juga dapat memberikan hasil tambahan pendapatan. Durian sangat digemari hampir oleh setiap orang, sehingga ada yang memberi nama Raja Buah (King of the Fruit). Penelitian mengenai efisiensi pemasaran durian (Durio zibethinus Murr.) di kecamatan Kasembon diperlukan guna mendapatkan masukan mengenai sistem pemasaran yang telah dilakukan petani dalam rangka meningkatkan harga produk pertaniannya yang sesuai dengan sistem produksi yang telah dilakukan. &#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui lembaga pemasaran durian didaerah penelitian serta menganalisis bagian (share) harga yang diterima petani dan lembaga pemasaran pada tiap-tiap saluran pemasaran di daerah penelitian dan menganalisis efisiensi pemasaran durian di daerah penelitian ditinjau dengan menggunakan analisis marjin pemasaran, integrasi pasar serta analisis deskriptif indikator-indikator pemasaran yaitu struktur, tingkah laku dan penampilan pasar. &#xD; Hipotesis yang diajukan untuk penelitian ini adalah Diduga panjangnya rantai pemasaran akan menyebabkan share yang diperoleh petani rendah. Diduga pemasaran durian didaerah penelitian belum efisien dilihat dari Analisa marjin pemasaran, Integrasi Pasar dan analisa deskriptif indikator pemasaran. Penelitian dilakukan di Desa Wonoagung, metode menentukan jumlah petani durian dengan menggunakan rumus slovin dan didapatkan 42 orang sampel petani dan untuk responden lembaga pemasaran didapatkan 20 orang dengan metode snow ball sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis Marjin Pemasaran, Integrasi Pasar Vertikal, Dan indikator Pemasaran. Hasil analisis menunjukan bahwa didaerah penelitian terdapat tiga saluran pemasaran durian di daerah penelitian yaitu (I) petani &#x2013; pedagang pengumpul &#x2013; pedagang pengecer- konsumen akhir (II) petani &#x2013; pedagang pengecer &#x2013; konsumen akhir (III) petani &#x2013; konsumen akhir. Sedangkan pada Share harga, Share harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 19.87 % dan share harga yang diterima petani pada saluran pemasaran II sebesar 34.94 %. Jadi panjang pendeknya saluran akan mempengaruhi share yang akan diterima petani. &#xD; Hasil analisis marjin pemasaran menunjukan bahwa pemasaran. Hasil analisis integrasi pasar menunjukan bahwa pemasaran didaerah penelitian sudah efisien dikarenakan berdasarkan perhitungan menunjukan bahwa petani lebih memiliki nilai tawar dibandingkan saluran pemasaran. Hasil analisis indikator-indikator pemasaran menunjukan bahwa sistem pemasaran durian di daerah penelitian pada umumnya sudah efisien. Jadi secara keseluruhan pemasaran durian di Desa Wonoagung sudah efisien &#xD; Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dalam melakukan kegiatan pemasaran di daerah penelitian adalah tidak melalui lembaga pemasaran yang terlalu panjang karena akan mengakibatkan biaya yang dikeluarkan masing-masing lembaga pemasaran semakin banyak. Kaitannya dengan efisiensi pemasaran durian, disarankan penampilan pasar bisa diefisienkan dengan cara pembagian distribusi marjin, share, dan keuntungan pada masingmasing saluran pemasaran yang rata/adil. Adanya perbaikan dalam aspek kelembagaan dan Dinas-Dinas yang terkait, dengan pembentukan asosiasi oleh para petani, agar petani dapat lebih aktif dan berinteraksi dengan para pelaku pasar agar dapat meningkatkan kemampuan tawar menawar dari para petani.</description><date>2010-01-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128415/1/051000282.pdf</identifier><identifier> EkoPrasetyo (2010) Analisis Efisiensi Pemasaran Durian (Durio Ziberthinus Murr.) di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2010/18/051000282</relation><recordID>128415</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author EkoPrasetyo
title Analisis Efisiensi Pemasaran Durian (Durio Ziberthinus Murr.) di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang
publishDate 2010
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/128415/1/051000282.pdf
http://repository.ub.ac.id/128415/
contents Indonesia sejak dahulu telah dikenal sebagai Negara agraris. Pembangunan di sector pertanian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan, yang diiringi dengan upaya peningkatan ekspor sekaligus mengurangi impor hasil pertanian. Namun, dewasa ini sasaran pembangunan pertanian tidak saja dititikberatkan pada peningkatan produksi, namun mengarah pada peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan taraf hidup petani, perluasan lapangan kerja bahkan jika memungkinkan juga bertujuan untuk memperluas pasar produk pertanian baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu peran penting sektor pertanian yaitu sebagai sumber devisa negara yang antara lain diperoleh dari hasil tanaman hortikultura. Buah-buahan menjadi pilihan utama karena selain dapat menciptakan lingkungan yang hijau dan juga dapat memberikan hasil tambahan pendapatan. Durian sangat digemari hampir oleh setiap orang, sehingga ada yang memberi nama Raja Buah (King of the Fruit). Penelitian mengenai efisiensi pemasaran durian (Durio zibethinus Murr.) di kecamatan Kasembon diperlukan guna mendapatkan masukan mengenai sistem pemasaran yang telah dilakukan petani dalam rangka meningkatkan harga produk pertaniannya yang sesuai dengan sistem produksi yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui lembaga pemasaran durian didaerah penelitian serta menganalisis bagian (share) harga yang diterima petani dan lembaga pemasaran pada tiap-tiap saluran pemasaran di daerah penelitian dan menganalisis efisiensi pemasaran durian di daerah penelitian ditinjau dengan menggunakan analisis marjin pemasaran, integrasi pasar serta analisis deskriptif indikator-indikator pemasaran yaitu struktur, tingkah laku dan penampilan pasar. Hipotesis yang diajukan untuk penelitian ini adalah Diduga panjangnya rantai pemasaran akan menyebabkan share yang diperoleh petani rendah. Diduga pemasaran durian didaerah penelitian belum efisien dilihat dari Analisa marjin pemasaran, Integrasi Pasar dan analisa deskriptif indikator pemasaran. Penelitian dilakukan di Desa Wonoagung, metode menentukan jumlah petani durian dengan menggunakan rumus slovin dan didapatkan 42 orang sampel petani dan untuk responden lembaga pemasaran didapatkan 20 orang dengan metode snow ball sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis Marjin Pemasaran, Integrasi Pasar Vertikal, Dan indikator Pemasaran. Hasil analisis menunjukan bahwa didaerah penelitian terdapat tiga saluran pemasaran durian di daerah penelitian yaitu (I) petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer- konsumen akhir (II) petani – pedagang pengecer – konsumen akhir (III) petani – konsumen akhir. Sedangkan pada Share harga, Share harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 19.87 % dan share harga yang diterima petani pada saluran pemasaran II sebesar 34.94 %. Jadi panjang pendeknya saluran akan mempengaruhi share yang akan diterima petani. Hasil analisis marjin pemasaran menunjukan bahwa pemasaran. Hasil analisis integrasi pasar menunjukan bahwa pemasaran didaerah penelitian sudah efisien dikarenakan berdasarkan perhitungan menunjukan bahwa petani lebih memiliki nilai tawar dibandingkan saluran pemasaran. Hasil analisis indikator-indikator pemasaran menunjukan bahwa sistem pemasaran durian di daerah penelitian pada umumnya sudah efisien. Jadi secara keseluruhan pemasaran durian di Desa Wonoagung sudah efisien Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dalam melakukan kegiatan pemasaran di daerah penelitian adalah tidak melalui lembaga pemasaran yang terlalu panjang karena akan mengakibatkan biaya yang dikeluarkan masing-masing lembaga pemasaran semakin banyak. Kaitannya dengan efisiensi pemasaran durian, disarankan penampilan pasar bisa diefisienkan dengan cara pembagian distribusi marjin, share, dan keuntungan pada masingmasing saluran pemasaran yang rata/adil. Adanya perbaikan dalam aspek kelembagaan dan Dinas-Dinas yang terkait, dengan pembentukan asosiasi oleh para petani, agar petani dapat lebih aktif dan berinteraksi dengan para pelaku pasar agar dapat meningkatkan kemampuan tawar menawar dari para petani.
id IOS4666.128415
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:02:09Z
last_indexed 2021-10-28T07:17:58Z
recordtype dc
_version_ 1751454344989900800
score 17.538404