Analisis Atribut Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Produk Kopi Celup Uno Di Cv. Coffee Roema

Main Author: Dhyastuti, Ary
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/12763/1/ARY%20DHYASTUTI.pdf
http://repository.ub.ac.id/12763/
Daftar Isi:
  • Pemasaran dalam suatu industri merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan guna mengenalkan produk yang dihasilkan kepada pasar. Upaya suatu perusahaan untuk menarik pasar dan mempertahankan pasar yang telah dimiliki, yaitu perusahaan harus meningkatkan sistem kerja dalam manajemen pemasarannya. Tujuan dari dari penelitian ini adalah (1) menganalisis atribut-atribut produk yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen kopi celup Uno, (2) menganalisis tingkat kepentingan atribut dalam kopi celup Uno, (3) merumuskan strategi pemasaran untuk pemasaran produk kopi celup Uno. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Responden yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan produk yaitu responden yang tersebar diwilayah Kabupaten Malang yaitu Kepanjen dan wilayah Kota Malang. Atribut – atribut produk yang di analisis dalam penelitian ini meliputi merk, desain, harga, kualitas, dan layanan produk. Hasil analisis tersebut mampu memenuhi kepuasan konsumen kopi celup Uno. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai customer satisfaction index sebesar 0.760163. Nilai tersebut termasuk dalam kategori puas yang masuk dalam range nilai 0.66 – 0.80. Sehingga konsumen sudah merasa terpenuhi harapannya dan kebutuhan yang diperlukan dalam mengkonsumsi produk kopi celup Uno. Analisis tingkat kepentingan atribut mendapatkan hasil yang dibagi dalam beberapa kuadran. Atribut yang harus lebih diperhatikan oleh perusahaan adalah atribut pada kuadran I, yaitu prioritas utama. Atribut tersebut meliputi adalah atribut pengenalan merk, pemilihan merk, informasi produk, kemampuan kemasan, dan warna kemasan. Atribut pengenalan merk memiliki nilai kepentingan yang harus lebih diperhatikan. Atribut tersebut mendapatkan perhatian yang tinggi dari konsumen, akan tetapi perusahaan belum melakukan sesuai harapan konsumen. Analisis QSPM merumuskan strategi utama yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan, yaitu strategi strength – opportunity. Strategi ini merupakan strategi yang mengandalkan kekuatan internal perusahaan. Strategi ini dilakukan untuk memaksimalkan peluang – peluang yang dimiliki perusahaan, akan tetapi perusahaan belum maksimal atau belum mampu memasuki peluang tersebut. Kepuasan konsumen terhadap produk kopi celup Uno yang termasuk dalam kriteria puas tersebut menunjukkan bahwa produk mampu jika dipasarkan lebih luas lagi. Hal tersebut dikarenakan produk sanggup memenuhi harapan akan kualitas produk kepada calon konsumen baru. Pemasaran produk yang masih harus dikembangkan juga sebaiknya tidak mengecewakan konsumen terhadap produk baru yang telah dicobanya. Sehingga produk mampu bersaing dalam pasar yang baru atau akan dimasuki. CV. Coffee Roema diharapkan untuk memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan sehingga selain memiliki kemampuan untuk bersaing diharapkan produk mampu memberikan jaminan kepuasan kepada konsumen. Upaya nyata i yang dapat dilakukan yaitu memberikan fasilitas atau media kepada konsumen untuk memberikan saran dan kritik terkait dengan produk sehingga proses perbaikan dapat dengan segera dilakukan. Berdarakan hasil penelitian, maka peneliti memberikan beberapa saran terhadap CV. Coffee Roema, yaitu: (1) memanfaatkan pengembangan teknologi informasi agar konsumen luas bisa lebih mudah mendapatkan informasi produk dan pengenalan tehadap produk. (2) Lebih menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, yang dimaksudkan agar tetap memiliki koneksi dengan reseller atau pengecer sehingga nantinya akan mampu membuka hubungan dengan pihak baru dan juga meningkatkan kuantitas penjualan. (3) Pemberian reward, ditujukan dalam pemberian bonus atau potongan harga jika konsumen melakukan pembelian banyak, hal tersebut bisa sebagai bentuk rasa terimaksih karena telah menjadi partner kerja yang baik dalam memasarkan produk kopi celup Uno.