Analisa Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja SMP Usia 13-14 Tahun Yang Bertempat Tinggal Di Pondok Pesantren

Main Author: Fajriatussholiha, NurilLaili
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/126615/
Daftar Isi:
  • Perilaku bullying merupakan perilaku menyakiti yang dilakukan secara berulang dan terdapat ketidakseimbangan kekuatan. Perilaku bullying dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisa hubungan 3 faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja SMP yang bertempat tinggal di pondok pesantren yaitu tingkat pengetahuan, kecerdasan emosi dan interaksi sosial. Desain penelitian menggunakan cross-sectional. Responden terdiri dari 170 siswa yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menggunakan uji rank-spearmen didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang bermakna dengan nilai (p=0.029) dengan hubungan negatif (rs= -168). Hasil tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan, maka semakin rendah perilaku bullying yang terjadi. Hasil penelitian hubungan kecerdasan emosi dengan perilaku bullying menggunakan uji koefisien kontigensi lamda didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan bermakna dengan nilai p value 0.002 < 0.05 dengan koefisien korelasi (rs= 0,0185) dan hasil penelian interaksi sosial dengan perilaku bullying menggunakan koefisien kontigensi lamda di dapatkan hasil bahwa terdapat hubungan bermakna antara interaksi sosial dengan perilaku bullying dengan p value 0.02 < 0.05 dengan koefisien korelasi (rs= 0,136). Kesimpulan peneliltian perlu adanya kerja sama dengan institusi kesehatan untuk penyuluhan bullying serta perlu peamsangan poster tentang bullying di area pondok pesantren.